PROTOTIPE SISTEM MONITORING SERTA KENDALI SUHU DAN KELEMBAPAN RUANGAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH MENGGUNAKAN SENSOR DHT22 DAN MIKROKONTROLER NODEMCU

Isnan Yusrian Syas, NIM. 14620001 (2019) PROTOTIPE SISTEM MONITORING SERTA KENDALI SUHU DAN KELEMBAPAN RUANGAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH MENGGUNAKAN SENSOR DHT22 DAN MIKROKONTROLER NODEMCU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROTOTIPE SISTEM MONITORING SERTA KENDALI SUHU DAN KELEMBAPAN RUANGAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH MENGGUNAKAN SENSOR DHT22 DAN MIKROKONTROLER NODEMCU)
14620001_BAB I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROTOTIPE SISTEM MONITORING SERTA KENDALI SUHU DAN KELEMBAPAN RUANGAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH MENGGUNAKAN SENSOR DHT22 DAN MIKROKONTROLER NODEMCU)
14620001_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian prototipe sistem monitoring serta kendali suhu dan kelembapan ruangan budidaya jamur tiram putih menggunakan sensor DHT22 dan mikrokontroler nodeMCU telah berhasil dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem monitoring serta kendali suhu dan kelembapan ruangan budidaya jamur tiram putih menggunakan sensor DHT22, kipas, mist maker, nodeMCU dan aplikasi Blynk, menguji sistem monitoring dan kendali serta menerapkan sistem monitoring dan kendali pada jamur tiram putih di dalam miniatur ruangan budidaya. Metode penelitian dilakukan dengan tahapan membuat miniatur ruangan budidaya, membuat sistem monitoring serta kendali suhu dan kelembapan, menguji dan menerapkan sistem monitoring dan kendali pada jamur tiram putih dengan kontrol di dalam miniatur ruangan dan tanpa kontrol di luar miniatur ruangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akurasi sistem monitoring suhu 99,753% dan kelembapan 99,201%. Adapun ripitabilitasnya yaitu 96,774% untuk monitoring suhu dan 95,604% untuk monitoring kelembapan. Pengujian sistem kendali diperoleh tingkat keberhasilan sebesar 100%, dimana kipas dan mist maker dapat bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan padanya. Sementara itu, hasil penerapan sistem menunjukkan bahwa hasil pertumbuhan jamur tiram putih yang terkontrol lebih baik daripada jamur tiram putih yang tanpa kontrol. Kata Kunci: DHT22, kipas, mist maker, nodeMCU, aplikasi Blynk, jamur tiram putih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Frida Agung Rakhmadi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: DHT22, kipas, mist maker, nodeMCU, aplikasi Blynk, jamur tiram putih.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Jul 2019 10:48
Last Modified: 19 Jul 2019 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum