ANALISIS RISIKO INVESTASI SAHAM SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE AT RISK (VAR) MIXTURE AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROCEDASTICITY (MAR – ARCH )

Engla Fitri Chintiyani, NIM. 13610014 (2018) ANALISIS RISIKO INVESTASI SAHAM SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE AT RISK (VAR) MIXTURE AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROCEDASTICITY (MAR – ARCH ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RISIKO INVESTASI SAHAM SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE AT RISK (VAR) MIXTURE AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROCEDASTICITY (MAR – ARCH ))
13610014_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RISIKO INVESTASI SAHAM SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE AT RISK (VAR) MIXTURE AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROCEDASTICITY (MAR – ARCH ))
13610014_BAB-II_III_IV_V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan di masa mendatang. Bentuk investasi yang banyak diminati para investor di antaranya adalah saham. Untuk mengantisipasi terjadinya kerugian dalam berinvestasi saham, ada dua hal yang perlu diperhatikan oleh investor, yaitu return dan risiko. Data return berbentuk data runtun waktu, sehingga dapat dianalisis menggunakan model runtun waktu. Akan tetapi, data return dari saham seringkali berdistribusi multimodal atau memiliki lebih dari satu distribusi dan pengelompokkan volatilitas menimbulkan terjadinya masalah heterokedastisitas pada sisaan. Permasalahan tersebut tidak dapat diatasi menggunakan model ARIMA ataupun ARCH. Oleh karena itu, dikembangkan suatu model yaitu model Mixture Autoregressive Conditional Heterocedasticity (MAR-ARCH). Kemudian pemodelan MAR-ARCH tersebut dikombinasikan dengan model VaR untuk memprediksi besar risiko. Nilai volatilitas dicari menggunakan model MAR-ARCH, sehingga analisis risiko investasi saham pada penelitian ini menggunakan model VaR-MAR-ARCH. MAR-ARCH merupakan suatu model yang terdiri dari K Gaussian komponen AR dengan adanya efek ARCH. Estimasi model MAR-ARCH menggunakan metode kemungkinan maksimum dengan penyelesaian algoritma Expectation Maximitation (EM). Diagnostik model menggunakan uji kelayakan Ljung Box dan pemilihan model terbaik menggunakan nilai BIC terkecil.Model terbaik pada penelitian ini adalah model MAR-ARCH (2;2,2;2,2). Sebagai studi kasus pada penelitian ini menggunakan data harga penutupan saham PP Property Tbk (PPRO) yang tergabung dalam saham Jakarta Islamic Index (JII) pada periode 02 Juni 2016 sampai dengan 02 Juni 2017.Perhitungan risiko menggunakan model VaR-MAR-ARCH (2;2,2;2,2) diperoleh bahwa jika dimisalkan dana investasi awal sebesar Rp 10.000.000,00, maka kemungkinan risiko satu hari kedepan sebesar Rp 402.940,- dengan keuntungan sebesar Rp 35.470,-. Kata Kunci: Investasi, Saham, Return, MAR-ARCH, Risiko, VaR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.M. Farhan Qudratullah, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Investasi, Saham, Return, MAR-ARCH, Risiko, VaR.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:41
Last Modified: 04 Mar 2020 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35922

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum