PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN JOGLO ALIT DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA KARANG DUKUH JOGONALAN KLATEN JAWA TENGAH

Beny Wahyu Hidayat, NIM: 15490044 (2019) PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN JOGLO ALIT DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA KARANG DUKUH JOGONALAN KLATEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN JOGLO ALIT DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA KARANG DUKUH JOGONALAN KLATEN JAWA TENGAH)
15490044_BAB I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN JOGLO ALIT DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA KARANG DUKUH JOGONALAN KLATEN JAWA TENGAH)
15490044_BAB II _sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Alit Dalam Memberdayakan Desa Karang Dukuh Jogonalan Klaten Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2019. Penelitian ini dilatar belakangi dari ketertarikan penulis terhadap kewirausahaan yang berkembang dimasyarakat Desa Karang Dukuh Jogonalan Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan kewirausahaan yang ada di Pondok Pesantren Joglo Alit dan mengetahui tentang pemberdayaan yang dilakukan pondok pesantren untuk masyarakatnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Joglo Alit Jogonalan Klaten Jawa Tengah. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang mengambil data-data primer dari lapangan. Subyek penelitianya adalah pendiri Pondok Pesantren Joglo Alit Klaten Jawa Tengah, ketua Pondok Pesantren Joglo Alit Klaten Jawa Tengah, ketua Sentra Peternakan Rakyat, ketua kelompok ternak dan para santri atau masyarakat sekitar Pondok Pesantren Joglo Alit Klaten Jawa Tengah. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Peneliti menguraikan hasil yang didasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bahwa pendidikan kewirausahaan yang ada di pondok pesantren ada delapan, dengan adanya progam tersebut menggali potensi seperti menumbuhkan semangat berwirausaha, menjangkau sumber-sumber produktif, dan kemampuan dalam berpartisipasi. 2) Pemberdayaan yang dilakukan pondok pesantren untuk masyarakatnya ada. 3) Pertama penyadaran berupa ajakan, penjadwalan, dan santri yang memiliki kesadaran diri. Kedua pengkapasitasan adalah pengajaran melalui binaan, support dan semangat berwirausaha dengan cara membuat kegiatan kewirausahaan seperti pelatihan cara merawat sapi, memberdayakan lele dan lain sebagainya, kalau untuk support dan semangat. Ketiga Pemberdayaan kewirausahaan santri diperlukan sebenarnya adalah sebagai usaha untuk membentuk semangat dan wawasan wirausaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wiji Hidayati, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kewirausahaan, Pemberdayaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:49
Last Modified: 06 Mar 2020 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36003

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum