IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LIMA HARI SEKOLAH UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

IKA PRASTYA YULI ASTUTI, NIM: 15490073 (2019) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LIMA HARI SEKOLAH UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LIMA HARI SEKOLAH UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA)
15490073_BAB I_BAB V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LIMA HARI SEKOLAH UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA)
15490073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Kebutuhan akan kualitas sumber daya manusia didunia kerja menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah kejuruan. Pendidikan karakter menjadi penting bagi sekolah kejuruan guna membekali lulusan dan meningkatkan kualitas SDM. Sebagai salah satu upaya, SMK Negeri 1 Yogyakara menerapkan kebijakan lima hari sekolah yang bertujuan untuk penguatan pendidikan karakter melalui berbagai program yang diselenggarakan. Penelitian yang berlokasi di SMK Negeri 1 Yogyakarta ini,bertujuanuntuk mendeskripsikan dan menganalis tentang kebijakan lima hari sekolah yang diterapkan sebagai salah satu sarana pendidikan karakter siswa dilihat dari kebijakan yang ditetapkan oleh sekolah, pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter dalam sistem lima hari sekolah, dan hasil yang dicapai yaitu pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memberikan deskripsi hasil temuan secara rinci dan menyeluruh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data hasil temuan, penelitian ini menggunakan 3 tahapan yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sebagai teknik validasi dan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan lima hari sekolah yang diterapkan di SMK Negeri 1 Yogyakarta memiliki keselarasan tujuan dengan salah satu visi sekolah yaitu mewujudkan insan pendidikan yang berkarakter. Sebagai tindak lanjut, sekolah mengembangkan dan mengatur program kegiatan yang disesuaikan dengan tujuan kebijakan dan visi sekolah. Melalui kebijakan sekolah, SMK Negeri 1 Yogyakartamengatur jadwal kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ektsrakurikuler dan kegiatan tambahan untuk memberikan layanan pendidikan bagi peserta didik, (2) Implementasi pendidikan karakter dalam lima hari sekolah dilakukan dengan tiga pendekatan yaitu pendidikan karakter berbasis kelas, pendidikan karakter berbasis budaya dan pendidikan karakter berbasis masayarakat. Dari pelaksanaan pendidikan karekter tersebut masih terdapat kendala yang harus diatasi xvii oleh sekolah yaitu peran guru yang masih kurang mendukung, penjadwalan kegiatan yang masih belum maksimal, dan kesadaran oran tua dalam pendidikan karakter yang masihkurang, (3) Hasil yang dicapai terlihat pada perubahan perilaku siswa yang menunjukkan karakter yang telah tertanam pada diri siswa. Karakter tersebut adalah religius, nasionalis dan gotong royong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurrohmah M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Lima Hari Sekolah, Pendidikan Karakter, Karakter Siswa SMK
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:53
Last Modified: 06 Mar 2020 07:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36011

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum