EFEKTIVITAS REKRUTMEN DAN SELEKSI PUSTAKAWAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN SEBAGAI HUMAN CAPITAL DAN SOCIAL CAPITAL (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UMY)

YULIFA DWI KHOIRUNI, NIM: 15490079 (2019) EFEKTIVITAS REKRUTMEN DAN SELEKSI PUSTAKAWAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN SEBAGAI HUMAN CAPITAL DAN SOCIAL CAPITAL (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UMY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS REKRUTMEN DAN SELEKSI PUSTAKAWAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN SEBAGAI HUMAN CAPITAL DAN SOCIAL CAPITAL (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UMY))
15490079_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS REKRUTMEN DAN SELEKSI PUSTAKAWAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN SEBAGAI HUMAN CAPITAL DAN SOCIAL CAPITAL (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UMY))
15490079_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Yulifa Dwi Khoiruni, Efektivitas Rekrutmen dan Seleksi Pustakawan dalam Perspektif Pendidikan Sebagai Human Capital dan Social Capital (Studi Kasus di Perpustakaan UMY). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti mengenai kajian rekrutmen dan seleksi yang urgen untuk diangkat karena merupakan langkah yang sangat strategis pada organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan efektivitas proses rekrutmen dan seleksi pustakawan diperpustakaan UMY dengan menjelaskan secara lebih mendalam konsep pendidikan sebagai human capital dan social capital agar mendapatkan perspektif yang berbeda dengan penelitian sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model studi kasus yang mengambil latar di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dengan pertimbangan relevansi untuk konsep penelitian. Sampel dalam penelitian ini merupakan nonprobability sampling yang artinya pemilihan narasumber didasari karena narasumber mengetahui, memahami dan mengalami peristiwa yang terjadi pada kegiatan rekrutmen dan seleksi pustakawan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses rekrutmen dan seleksi telah dilakukan secara sistematis dengan memperhatikan preferensi pada manajer. (2) Dari perspektif pendidikan sebagai human capital terlihat bahwa dalam proses rekrutmen pustakawan di UMY sangat diperhatikan latar belakang pendidikannya, modal ijazah merupakan syarat mutlak, disamping itu kompetensi yang dimiliki juga menjadi pertimbangan dalam proses seleksi. (3) Dari perspektif pendidikan sebagai social capital sumber-sumber rekrutmen menunjukkan bahwa ada rasa percaya, norma, dan jaringan kerja pustakawan di perpustakaan UMY. (4) Berdasarkan penilaian efektivitas perspektif tujuan manajemen proses rekrutmen dan seleksi di perpustakaan UMY sudah efektif. Rekrutmen dan seleksi pustakawan dengan pertimbangan ijazah dan kompetensi yang mayoritas alumni prodi ilmu perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah mampu memenuhi apa yang menjadi kebutuhan perpustakaan. Rekrutmen dan seleksi juga sudah memperhatikan kepentingan lembaga induk, fasilitas ruangan, dan juga anggaran yang perlu dikeluarkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Subiyantoro, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen dan Seleksi, Human Capital, Social Capital
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:55
Last Modified: 06 Mar 2020 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum