HAK CIPTA PADA COVER VERSION TERHADAP LAGU YANG DIKOMERSIALISASIKAN: PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN HUKUM ISLAM

AHMAD MUZAYYIN HULAIMI, 13360051 (2019) HAK CIPTA PADA COVER VERSION TERHADAP LAGU YANG DIKOMERSIALISASIKAN: PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
13360051_BAB-I_V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
13360051_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas manusia yang tidak mengenal batas telah melahirkan fenomena baru yang merambah dunia musik, yaitu cover version terhadap lagu. Pencipta maupun pemegang Hak Cipta memiliki hak ekslusif atas suatu lagu ciptaan. Oleh karena itu, apabila terdapat pihak-pihak yang ingin mengkomersialisasikan lagu tersebut dengan membuat cover version, pihak tersebut membutuhkan izin atau lisensi dari pencipta atau pemegang Hak Cipta. Skripsi ini membahas mengenai lisensi apa saja yang dibutuhkan agar suatu cover version terhadap lagu yang dikomersialisasikan tidak menjadi pelanggaran Hak Cipta. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Data diperoleh dari sumber-sumber kepustakaan. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara deskriptif komparatif. Pendekatan yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah pendekatan yuridis-normatif yaitu dengan mendekati masalah hak cipta cover version dari segi hukum yang terdapat dalam Undang-Undang dan hukum Islam. Dalam penelitian ini, penyusun mencoba menelaah berbagai sumber mencari pengertian cover version. Selanjutnya mengkaji UU Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta yang terkait langsung dengan hak cipta cover version, untuk diuraikan dan melihat bagaimana perspektif hukum positif mengenai cover version, sedangkan untuk hukum Islam penyusun mencoba mencari dasar hukum dari Al-Quran, hadis dan lain-lain untuk mencari pandangan Islam mengenai hak cipta pada cover version. Kemudian keduannya dianalisis dan diperbandingkan sesuai metodologi yang penulis pilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hak cipta pada cover version terhadap lagu yang dikomersialisasikan tidak melanggar Hak Cipta apabila terdapat lisensi atas hak mekanikal, hak mengumumkan, atau hak sinkronisasi, dimana pemenuhan lisensi tersebut tergantung dari bentuk cover version yang dilakukan. Sedangkan dalam khazanah hukum Islam tidak dikenal istilah hak cipta cover version, namun dapat ditarik benang merahnya yaitu hak cipta itu sendiri. Hak cipta dalam Islam dikenal dengan hak haq al-ibtikâr yaitu hak atas suatu ciptaan yang pertama kali dibuat. Islam hanya mengakui dan melindungi karya cipta yang selaras dengan norma dan nilai yang ada di dalamnya. Jika karya cipta tersebut bertentangan dengan niulai-nilai Islam, maka ia tidak diakui sebagai “karya cipta” bahkan tidak ada bentuk perlindungan apapun untuk jenis karya tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. BUDI RUHIATUDIN, S.H., M.HUM.
Uncontrolled Keywords: cover version, lisensi, komersialisasi, haq al-ibtikâr.
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:22
Last Modified: 09 Mar 2020 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum