MANAJEMEN WAKAF UANG UNTUK INFRASTRUKTUR (STUDI PENGELOLAAN WAKAF UANG DI LEMBAGA WAKAF DAN PERTANAHAN PWNU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

FADHLULLAH MUDZAKKIR, 15350005 (2019) MANAJEMEN WAKAF UANG UNTUK INFRASTRUKTUR (STUDI PENGELOLAAN WAKAF UANG DI LEMBAGA WAKAF DAN PERTANAHAN PWNU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
15350005_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
15350005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (779kB)

Abstract

Wakaf uang untuk pembangunan infrastruktur mulai digencarkan di beberapa negara untuk mewujudkan wakaf yang lebih produktif. Selama ini wakaf uang hanya diinvestasikan melalui financial asset yang dikelola oleh perbankan syari’ah dan sedikit manfaat yang didapatkan, bahkan saat terjadinya inflasi maka nilai dana wakaf uang akan menurun serta dapat menghilangkan eksistensi harta wakaf. Pemerintah saat ini mulai menggencarkan wakaf uang untuk pembangunan infrastruktur agar tercapainya kemanfaatan yang lebih besar serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Langkah ini diikuti Lembaga Wakaf dan Pertanahan PWNU Daerah Istimewa Yogyakarta (LWP-PWNU DIY) dengan mengarahkan pengelolaan wakaf uang pada pembangunan infrastruktur sosial, namun masih mengalami hambatan salah satunya perkara pembebasan tanah, bahkan terdapat sistem pengelolaan yang tidak sesuai dengan pedoman pengelolaan wakaf uang untuk pembangunan infrastruktur yang diatur dalam hukum Islam dan hukum Positif. Skripsi ini meneliti bagaimana pengelolaan wakaf uang untuk pembangunan infrastruktur di LWP-PWNU DIY dan kesesuaian pengelolaannya dengan pengelolaan wakaf uang dalam hukum Islam dan hukum Positif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan yuridis dan normatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terdapat sistem pengelolaan wakaf uang untuk pembangunan infrastruktur yang tidak sesuai dengan hukum Islam dan Peraturan perundang-undangan diantaranya bank yang digunakan untuk penyimpanan tidak syari’ah, terdapat dana wakaf uang yang tidak produktif yang telah melanggar prinsip wakaf dalam hukum Islam dan terdapat juga dana yang telah dikelola secara produktif, tidak adanya asuransi dalam investasi pada perbankan syari’ah yang dapat menghilangkan eksistensi harta benda wakaf. Pembuatan Sertifikat Wakaf Uang yang dibatasi, sedangkan kendala kebutuhan dana untuk pembangunan Universitas Nahdlatul Ulama disebabkan penggunaan media sosial yang belum optimal. Sejauh ini sistem pengelolaan yang telah sesuai diantaranya ialah sistem investasi pada perbankan syari’ah yang telah sesuai dengan hukum Positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MALIK IBRAHIM, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Wakaf uang, infrastruktur, hukum Islam, hukum positif.
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:29
Last Modified: 09 Mar 2020 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36059

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum