PERAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN I BANTUL YOGYAKARTA

Shofia Nurzami Aryani, Nim.15480043 (2019) PERAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN I BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN I BANTUL YOGYAKARTA)
15480043_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PERAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN I BANTUL YOGYAKARTA)
15480043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Shofia Nurzami Aryani. “Peran Ice breaking terhadap Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV MIN I Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Pembelajaran tematik yang dilaksanakan di kelas IV C MIN I Bantul di dalamnya terdapat kegiatan ice breaking. Ice breaking digunakan sebagai upaya untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan di kelas IV C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan ice breaking pada pembelajaran tematik di kelas IV C dan peran ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas IV C MIN I Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tiga teknik pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dimulai sejak bulan Januari hingga Mei 2019 dengan subyek guru dan siswa kelas IV C. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan pengecekan keabsahan data pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan teknik pelaksanaan ice breaking di kelas IV C terbagi menjadi dua, yaitu ice breaking spontan (senam gerak badan, tepuk, game, dan dongeng motivasi) dan terencana yang tercantum dalam RPP (gerak badan), peran ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas IV C MIN I Bantul adalah siswa siap secara fisik dan psikis, lebih tertarik pada pelajaran, antusias dan mampu mengarahkan perhatiannya pada guru, betah berada di dalam kelas, aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan bersemangat mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asnafiyah, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Ice breaking, Pembelajaran Tematik, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:52
Last Modified: 10 Mar 2020 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum