PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN I YOGYAKARTA

Arif Rohman, NIM.: 15480086 (2019) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN I YOGYAKARTA)
15480086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN I YOGYAKARTA)
15480086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Arif Rohman “Pengaruh Model Cooperative learning Tipe Group investigation Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik di MIN I Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Salah satu aspek yang dikembangkan dalam pembelajaran tematik adalah keterampilan komunikasi. Keterampilan komunikasi merupakan salah satu cara yang digunakan dalam menyampaikan informasi, gagasan, maupun pendapat kepada orang lain. Keterampilan ini sangat penting dimiliki oleh siswa agar mereka mampu mengembangkan pengetahuannya. Namun berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran dan wawancara dengan guru kelas V A di MIN I Yogyakarta, 70% siswa masih mempunyai nilai keterampilan komunikasi dengan predikat “Kurang”. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model cooperative learning tipe group investigation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas V pada pembelajaran tematik di MIN I Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pre eksperimen dengan desain penelitian one group pretest postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MIN I Yogyakarta, dengan sampel penelitiannya adalah kelas V A yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket keterampilan komunikasi siswa, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan statistik parametrik yaitu uji t paired sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe group investigation terhadap keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t paired sample T-test dengan nilai thitung (sig. 2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, terdapat perbedaan keterampilan komunikasi siswa kelas V A pada pembelajaran tematik sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan dengan model cooperative learning tipe group investigation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asnafiyah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation, dan Keterampilan Komunikasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:56
Last Modified: 10 Mar 2020 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36068

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum