PERAN FILM ANIMASI NUSSA DALAM PENANAMAN AKHLAK SISWA KELAS 2 SD NEGERI REJOSARI PAKIS MAGELANG

Niswa Nadia Ummami, NIM 15410190 (2019) PERAN FILM ANIMASI NUSSA DALAM PENANAMAN AKHLAK SISWA KELAS 2 SD NEGERI REJOSARI PAKIS MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN FILM ANIMASI NUSSA DALAM PENANAMAN AKHLAK SISWA KELAS 2 SD NEGERI REJOSARI PAKIS MAGELANG)
15410190_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN FILM ANIMASI NUSSA DALAM PENANAMAN AKHLAK SISWA KELAS 2 SD NEGERI REJOSARI PAKIS MAGELANG)
15410190_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

NISWA NADIA UMMAMI. 15410190. Peran Film Animasi Nussa dalam Penanaman Akhlak Siswa Kelas 2 SD Negeri Rejosari Pakis Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dalam penelitian ini adalah fenomena akhlak siswa jaman sekarang yang kurang baik. Dan fakta bahwa siswa kelas 2 SD Negeri Rejosari yang sudah terbiasa menonton video atau film di YouTube, salah satunya yaitu film animasi Nussa yang berisi konten edukasi dan Islami. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui perubahan akhlak pada siswa setelah menonton film animasi Nussa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui nilai-nilai akhlak dalam film animasi Nussa, dan (2) mengetahui peran film animasi Nussa dalam penanaman akhlak siswa kelas 2 SD Negeri Rejosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian field research atau lapangan, dengan mengambil latar di SD Negeri Rejosari Pakis Magelang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2, serta guru dan wali murid sebagai informan pembantu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) masing-masing dari seri film animasi Nussa mengandung nilai-nilai akhlak sesuai dengan konten film dan nilai-nilai akhlak sesuai dengan ruang lingkup akhlak. (2) film animasi Nussa berperan sebagai media pembelajaran dan teladan bagi siswa kelas 2. proses penanaman akhlak kepada siswa kelas 2 dilakukan dengan empat metode, yaitu metode teladan, metode pembiasaan, metode nasihat dan metode pengawasan. Siswa kelas 2 mengalami perubahan akhlak dan mendapatkan pelajaran dan ilmu baru setelah menonton film animasi Nussa yang belum didapatkan sebelumnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Indra Fajar Nurdin, S.Pd, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Film Nussa, Nilai-nilai Akhlak, Penanaman Akhlak siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Mar 2020 09:00
Last Modified: 10 Mar 2020 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum