EKSPERIMENTASI METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀAH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2018/2019

Ilhia Rahmah, NIM: 14420035 (2019) EKSPERIMENTASI METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀAH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀAH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420035_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀAH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ilhia Rahmah. 14420035. Eksperimentasi Metode Mind Mapp dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Qiraah Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Metode pembelajaran yang diterapkan di MTs Ali Maksum sangat monoton dan kemampuan maharah qiraah siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode mind map dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan mahᾱrah qirᾱah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik random sampling dan mengambil sampel 73 peserta didik kelas VIII MTs Ali Maksum. Teknik yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya kemampuan mahᾱrah qirᾱah kelas eksperimen dari nilai rata-rata 51.16 menjadi 64.83 dengan peningkatan sebesar 13.55. Adapun kelas kontrol mengalami peningkatan dari 49.29 menjadi 57.72 dengan peningkatan sebesar 8.43. Sedangkan analisis data melalui uji-T. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap mahᾱrah qirᾱah bahasa Arab siswa setelah dilakukan penerapan metode mind map lebih tinggi dibanding sebelumnya dengan signifikansi 0.000 dimana lebih kecil dari 0.05, sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan pada Paired Sample T-Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan diantara keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Mind Map, Mahᾱrah Qirᾱah bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 13:54
Last Modified: 10 Mar 2020 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum