SPIRITUALITAS DI KALANGAN PENGUSAHA MUSLIM (Studi Terbadap Anggota Jam'iyyah Manaqib Nurul Huda Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Jawa Tengah)

CHANIF TAUFIQILLAH, NIM: 00540328 (2006) SPIRITUALITAS DI KALANGAN PENGUSAHA MUSLIM (Studi Terbadap Anggota Jam'iyyah Manaqib Nurul Huda Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Jawa Tengah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SPIRITUALITAS DI KALANGAN PENGUSAHA MUSLIM)
00540328_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (SPIRITUALITAS DI KALANGAN PENGUSAHA MUSLIM)
00540328_BAB_II_S.D_BAB_SEBELUM_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Setiap masyarakat cenderung menciptakan tradisi keagamaan sebagai ekspresi kultural dan spiritual. Pada masyarakat di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang masih memegang tradisi ahlusunnah waljamaah, penghormatan terhadap wali "Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani" bisa menjadi budaya spiritual berupa pembacaan manaqib. Masyarakat di Kecamatan Dawe yang sebagian mempunyai mata pencaharian berdagang dan pengusaha dengan segala kompleksitas persoalan yang dihadapinya, sangat merindukan adanya kedamaian, baik lahir maupun batin. Dengan keadaan seperti itu, muncul berdirinya jami'yyah manaqib Nurul Huda supaya dengan melalui pembacaan manaqib dan dzikir, para pengusaha dan pedagang mendapatkan ketentraman batin. Upaya untuk mendapatkan ketentraman batin ini menemukan titik artikulasinya, ketika kegersangan spiritual semakin meluas dan menjangkiti masyarakat di Kecamatan Dawe. Apalagi kenyataan materialisme dan hedonisme yang diasumsikan dapat membawa kebahagiaan justru semakin menjauhkan dan mengasingkan masyarakat di Kecamatan Dawe dari konteks zamannya. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan kalau para pengusaha dan pedagang di Kecamatan Dawe mendambakan apa yang disebut spiritualitas. Untuk menggapai spiritualitas, maka diperlukan ritual-ritual tertentu guna mencapainya. Salah satu diantara praktek ritual tersebut adalah pembacaan manaqib Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani, yang dilembagakan dengan nama jam'iyyah manaqib Nurul Huda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tradisi manaqib terhadap spiritualitas para pengusaha muslim di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Jawa Tengah serta peranan jam'iyyah manaqib Nurul Huda terhadap kegiatan sosial keagamaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spiritualitas yang dialami oleh anggota jam'iyyah manaqib Nurul Huda berpengaruh terhadap tranformasi kehidupan sosial keagamaan yang mengarah pada sikap dan tindakan. Dalam bidang ekonomi misalnya, dimensi spiritualitas nampak pada semangat kerja keras yang dibangun berdasarkan keyakinan dan kepercayaan terhadap agama, yang secara kongkrit terlihat pada pengaruh keberhasilan usahanya. Keberhasilan tersebut mendorong para anggota jam'iyyah manaqib Nurul Huda untuk ikut serta dalam usaha memajukan kegiatan sosial, pendidikan dan keagamaan di masyarakat, seperti membangun sekolahan, sarana ibadah dan kegiatan sosial lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.H.A.Singgih Basuki, MA. - Moh. Soehadha, M.Hum
Uncontrolled Keywords: SPIRITUALITAS, PENGUSAHA MUSLIM, Jam'iyyah Manaqib Nurul Huda
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 25 Jul 2019 09:44
Last Modified: 25 Jul 2019 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum