PENGARUH YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN ISTIMĀ' WA AL-KALĀM SANTRI KELAS V MA’HAD DARUL ULUM BANDA ACEH

Uswatul Amna, NIM: 15420006 (2019) PENGARUH YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN ISTIMĀ' WA AL-KALĀM SANTRI KELAS V MA’HAD DARUL ULUM BANDA ACEH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN ISTIMĀ' WA AL-KALĀM SANTRI KELAS V MA’HAD DARUL ULUM BANDA ACEH)
15420006_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN ISTIMĀ' WA AL-KALĀM SANTRI KELAS V MA’HAD DARUL ULUM BANDA ACEH)
15420006_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Uswatul Amna (Pengaruh YouTube dalam meningkatkan kemahiran Istimā' wa Al-Kalām santri kelas V ma’had darul Ulum Banda Aceh). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh YouTube dalam meningkatkan kemahiran Istimā' wa Al-Kalām pada santri kelas V Ma’had Darul Ulum Banda Aceh, sehingga jika penelitian ini membuktikan ada pengaruh YouTube untuk meningkatkan kemahiran Istimā' wa Al-Kalām santri kelas V Ma’had Darul ulum Banda aceh santri bisa meneruskan belajar menggunakan media YouTube untuk menambah wawasan mereka selain yang didapatkan dari guru atau dari bi’ah lughawiyyah, sehingga dengan begitu bisa meningkatkan kemahiran Istimā' wa Al-Kalām santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagian santri kelas V, Santri kelas VB sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 15 santri, sedangkan santri kelas VD sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 10 santri. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, kemudian pengkajian instrumen disini peneliti melihat instrumen yang kira-kira cocok untuk digunakan pada santri tanpa melakukan uji instrumen. Kemudian pada analisis data, peneliti menggunakan beberapa analisis, pada analisis data Istimā' peneliti menggunakan analisis data menggunakan uji wilcoxon dan mann whitney dikarenakan data berdistribusi tidak Normal dan tidak Homogen ketika diuji Normalitas dan uji Homogenitas, sedangkan analisis data Al-Kalām peneliti menggunkan uji paired sample t test dan independent sample t test dikarenakan data berdistribusi Normal dan Homogen ketika diuji Normalitas dan uji Homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan data Istimā' menunjukkan bahwa hasil dari N gain berjumlah 0,845 >0,05 maka tidak ada perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol . Hal ini menunjukkan bahwa adanya penurunan nilai dari hasil Pre-test ke Post-Test, artinya tidak ada pengaruh media YouTube dalam meningkatkan kemahiran Istimā' santri kelas V ma’had Darul Ulum Banda Aceh. Berbeda dengan hasil perhitungan Istimā', hasil dari Mahārah Al-Kalām lebih memuaskan dibandingkan dengan hasil Mahārah Istimā', berdasarkan hasil perhitungan analisis data diperoleh nilai N gain sig 2 tailednya berjumlah 0,000 < 0,05, artinya ada peningkatan kemahiran kalam menggunakan media YouTube maka dalam penelitian ini YouTube berpengaruh dalam meningkatkan kemahiran Al-Kalām. Terjadinya peningkatan pada Mahārah Al-Kalām karena pada YouTube terdapat gambar, santri bisa memahami apa yang sedang dilihat oleh mereka sehingga mereka mudah menjelaskan kembali apa yang sudah dilihat sedangkan pada bagian Istimā' yang santri menggunakan adalah audio, terkadang sulit dalam memahami kata-kata yang diucapkan, sedangkan jika dengan melihat gambar santri bisa memahami dari apa yang mereka lihat sehingga dengan begitu kemampuan Al-Kalām bisa meningkat dengan menggunakan media YouTube pada pembelajaran Al-Kalām.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A,
Uncontrolled Keywords: Pengaruh YouTube, Istimā' wa Al-Kalām
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 13:59
Last Modified: 10 Mar 2020 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36087

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum