PENGARUH MODERNISASI DI DALAM PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA (STUDI KASUS INTERAKSI SOSIAL SANTRI TAKHASUS MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM 2005)

ACHMAD MUSYAFFA, NIM. 00540200 (2006) PENGARUH MODERNISASI DI DALAM PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA (STUDI KASUS INTERAKSI SOSIAL SANTRI TAKHASUS MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM 2005). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODERNISASI DI DALAM PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA (STUDI KASUS INTERAKSI SOSIAL SANTRI TAKHASUS MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM 2005))
00540200 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODERNISASI DI DALAM PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA (STUDI KASUS INTERAKSI SOSIAL SANTRI TAKHASUS MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM 2005))
00540200 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Tetap eksisnya pesantren hingga hari ini di tengah gencamya perubahan dan modernisasi di berbagai kawasan khususnya Dunia Muslim, tidak banyak lembaga pesantren yang bertahan. Kebanyakanya lenyap setelah tergusur oleh ekspansi sistem pendidikan "sekuler"; atau mengalami transformasi menjadi lembaga pendidikan umum; atau setidak-tidaknya menyesuaikan diri dan sedikit banyak mengadopsi isi dan metodologi pendidikan umum. Pondok Pesantren Wahid Hasyim dengan tata nilai yang dianut dan didukung dalam kehidupan pondok pesantren yang lebih bercorak kepada konsep ahlussunah waljamaah, temyata banyak mengalami transformasi akibat dari gencarnya modemisasi dan proses globalisasi yang terjadi dalam masyarakat, sehingga mengakibatkan beberapa perubahan dengan penafsiran terhadap konsep ahlusunah waljamaah yang lebih dinamis. Namun dengan kapasitasnya yang demikian, potensi pondok pesantren sebagai institusi pendidikan akhlak dan keilmuan Islam yang bercorak salaf dengan mengadopsi nilai-nilai modern dengan sistem budaya santrinya akan terus tetap lestari, sekalipun dari luar mengalir arus pemikiran baru dan perubahan yang mengintervensi. Modernisasi yang berkembang telah banyak memberikan dampak yang kompleks dalam berbagai bidang kehidupan suatu masyarakat tak terlepas dalam dunia pesantren. Hal ini juga turut berpengaruh terhadap interaksi sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat pesantren, relasi-relasi antar berbagai elemen yang semula lebih bersifat tradisional salaf berangsur-angsur mulai mengalami keterbukaan dan kesadaran akan nilai-nilai kesetaraan. Sehingga nilai nilai kemandirian dan pemberdayaan dalam kehidupan pesantren berproses menuju kedewasaan dalam berinteraksi mewujudkan rasa memiliki terhadap pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi sosial dalam pesantren Wahid Hasyim yang mayoritas merupakan santri mahasiswa dengan santri takhasus yang mutlak belajar dalam lingkungan pesantren menghadapi modemisasi yang terjadi secara luas di Yogyakarta. Kerangka pikir yang melandasi penelitian ini adalah santri merupakan sosok yang mempunyai karakteristik yang religius dan taat terhadap system budaya pesantren yang identik dengan tradisi salaf, apakah dalam perkembangannya khususnya dalam pesantren Wahid Hasyim telah mengalami suatu pergeseran akibat sistem sosial dan budaya akibat pengaruh modemisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modemisasi telah banyak berpengaruh terhadap pergeseran transformasi pondok pesantren Wahid Hasyim dalam berbagai elemen. Sistem pendidikan yang lebih terbuka tanpa meninggalkan corak khas tradisi santri, pola otoritas kyai yang lebih demokratis, serta pola pikir santri yang lebih moderat yang terindikasi dalam perilaku keseharian yang dinamis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Chumaidi Syarif Romas, M. Si.
Uncontrolled Keywords: pengaruh modernisasi, Pondok Pesantren Wahid Hasyim, interaksi sosial santri ,
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jul 2019 13:34
Last Modified: 25 Jul 2019 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36093

Actions (login required)

View Item View Item