PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI PADA PRODUK YANG BERKAITAN DENGAN KPOP DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF MAQA>S{ID SYARI >’AH)

NURUL HASANAH, 14380015 (2019) PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI PADA PRODUK YANG BERKAITAN DENGAN KPOP DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF MAQA>S{ID SYARI >’AH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
14380015_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
14380015_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Pada umumnya, kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup dan memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Seiring berkembangnya zaman, tidak sedikit orang beranggapan bahwa kebutuhan tersier bisa dikatakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Terkadang orang bisa mendahulukan kebutuhan tersier daripada kebutuhan pokoknya demi memuaskan keinginannya. Hal ini terjadi pada kebanyakan mahasisiwi yang menginginkan sesuatu disebabkan karena kesukaannya pada hal-hal yang berkaitan dengan kpop. Maraknya kpop membuat para penggemar kpop ingin memiliki sesuatu yang berkaitan dengan kpop, misalnya membeli aksesoris yang berkaitan dengan sang idola, fashion, maupun produk kecantikan yang berasal dari negara idola tersebut. Saat ini, banyak mahasiswi tertarik pada produk kecantikan. Tampil cantik seperti artis-artis dalam drama memicu penggemar untuk membeli produk yang serupa dengan idolanya. Merasa hal tersebut sebagai kebutuhan untuk mempercantik diri atau merawat diri, produk tersebutpun menjadi target kebutuhannya. Penyusun tertarik untuk meneliti bagaimana analisis maqa>s{id syari>’ah terhadap perilaku mahasiswi yang konsumtif terhadap produk yang berkaitan dengan kpop. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel research). Dengan sifat penelitian deskriptif analitis yaitu memaparkan objek penelitian berdasarkan informasi dan fakta-fakta di lapangan, sedangkan pendekatannya adalah maqa>s{id syari>’ah dan teori perilaku. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuisioner dan wawancara. Sumber primer dalam penelitian ini adalah hasil kuisioner dan wawancara pada mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga penggemar kpop ataupun tidak, yang membeli produk yang berkaitan dengan kpop (kstuff atau produk kecantikan), sedangkan data sekunder dibutuhkan sebagai pelengkap data primer berupa buku-buku, media cetak dan sumber-sumber lain yang dapat dijadikan data pendukung dari penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang menyukai ataupun yang hanya sekedar mengetahui kpop, membeli, mengoleksi atau mengonsumsi produk yang berkaitan dengan kpop (kstuff atau produk kecantikan), sesuai dengan kebutuhan mereka, baik itu untuk memenuhi kebutuhan pribadi (sekunder) atau sebagai kesenangan diri sendiri dalam tah{si>niyya>h (tersier). Sebagian besar produk yang dikonsumsi adalah produk kecantikan, namun ada juga mahasiswi yang konsumtif membeli atau mengoleksi barang lainnya seperti aksesoris, album, perlengkapan konser dan lain-lain, rela membeli produk kpop dengan menyisihkan atau merelakan uang saku bahkan ada yang bekerja untuk memenuhi keinginannya tersebut yang terkadang akan mengabaikan atau menyampingkan kebutuhan utama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MOH. TAMTOWI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan, Maqa>s{id Syari>’ah, konsumtif, produk kpop.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 15:10
Last Modified: 10 Mar 2020 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum