IMPLEMENTASI KEGIATAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUNDI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMACENDEKIA YAYASAN SILATURRAHIM PECINTA ANAK (SPA) INDONESIA GEJAYAN SLEMAN YOGYAKARTA

DESI WULANDARI, NIM.15430021 (2019) IMPLEMENTASI KEGIATAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUNDI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMACENDEKIA YAYASAN SILATURRAHIM PECINTA ANAK (SPA) INDONESIA GEJAYAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUNDI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMACENDEKIA YAYASAN SILATURRAHIM PECINTA ANAK (SPA) INDONESIA GEJAYAN SLEMAN YOGYAKARTA)
15430021_DESI WULANDARI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUNDI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMACENDEKIA YAYASAN SILATURRAHIM PECINTA ANAK (SPA) INDONESIA GEJAYAN SLEMAN YOGYAKARTA)
15430021_DESI WULANDARI_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

DESI WULANDARI. Implementasi Kegiatan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga Bimbingan Belajar PrimaCendekia Yayasan Silatturrahim Pecinta Anak (SPA) indonesia.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya sekolah dasar yang menginginkan siswa siswinya agar mampu membaca. Tetapi pada realitanya anak TK tidak boleh diajarkan CALISTUNG (Baca Tulis Hitung). Berdasarkan surat edaran SisDikNas 2009 menyatakan pendidikan di TK tidak diperkenankan mengajarkan materi CaLisTung secara langsung sebagai pembelajaran sendirisendiri pada anak-anak.Dengan tuntutan sekolah dasar dan tidak bolehnya anak TK diajarkan membaca membuat khawatir beberapa orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik untuk anaknya, Mengenai hal tersebut lembaga bimbingan belajar PrimaCendekia yayasan silaturrahim pecinta anak (SPA) Indonesia memberikan solusi dari beberapa masalah orang tua untuk keperluan pendidikan anaknya, lembaga ini memberikan bimbingan belajar membaca menggunakan metode Anak Hebat (AHE). AHE ini adalah salah satu dari banyaknya metode membaca yang memberikan beberapa langkah jitu untuk membimbing anak dalam kegiatan belajar membaca Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi kegiatan membaca pada anak usia 5-6 tahun di lembaga bimbingan belajar PrimaCendekia? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi kegiatan membaca pada anak usia 5-6 tahun di lembaga bimbingan belajar PrimaCendekia ini? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan penelitian di lembaga bimbingan belajar PrimaCendekia. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis dengan reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan membaca yang diimplementasikan oleh lembaga PrimaCendekia guna meningkatkan perkembangan membaca pada anak didukung dengan menggunakan metode. Metode yang digunakan dalam mendukung perkembangan membaca pada anak yaitu metode AHE (Anak Hebat). Dalam metode AHE tersebut terdapat 6 langkah proses pembelajaran. 6 langkah tersebut yaitu senam otak, remidi, membaca modul, pengayaan, menulis dan yang terakhir permainan. selain itu metode ini juga dikuatkan dengan beberapa sistem yang membuat metode ini sudah teruji untuk setiap langkahnya. (2) Terdapatfaktor pendukung dan penghambat dari implementasi kegiatan membaca pada lembaga ini. Untuk pendukung dalam implementasi kegiatan membaca yaitu dari pihak lembaga sendiri, guru, buku modul, belajar dengan asyik, dan syarana prasarana yang diberikan oleh lembaga.Untuk faktor penghambat dalam implementasi kegiatan membaca yaitu dari peserta didik sendiri, wali murid, dan yang terakhir adalah waktu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Rohinah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Membaca, Metode AHE
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: magang uin malang
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:35
Last Modified: 25 Jul 2019 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36105

Actions (login required)

View Item View Item