PANDANGAN KLIEN TERHADAP KONSULTASI KEHARMONISAN KELUARGA PADA LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “SEKAR MELATI” YOGYAKARTA DI TAHUN 2018 DALAM PERSPEKTIF FIQH

M. WAHID TILKA SIGIT, NIM: 14350063 (2019) PANDANGAN KLIEN TERHADAP KONSULTASI KEHARMONISAN KELUARGA PADA LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “SEKAR MELATI” YOGYAKARTA DI TAHUN 2018 DALAM PERSPEKTIF FIQH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN KLIEN TERHADAP KONSULTASI KEHARMONISAN KELUARGA PADA LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “SEKAR MELATI” YOGYAKARTA DI TAHUN 2018 DALAM PERSPEKTIF FIQH)
14350063_BAB I_S.D_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN KLIEN TERHADAP KONSULTASI KEHARMONISAN KELUARGA PADA LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) “SEKAR MELATI” YOGYAKARTA DI TAHUN 2018 DALAM PERSPEKTIF FIQH)
14350063_BAB II_S.D._BAB_SEBELUM_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Terwujudnya keharmonisan keluarga biasanya dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial didalamnya. Jika peran lingkungan sosial keluarga baik maka baik pula dampak sosial personalitasnya. Begitupun sebaliknya. jika lingkungan sosial buruk, maka buruk pula dampak sosial bagi personalitasnya. Dampak buruk ini tidak hanya akan dirasakan pada personalitas terkait saja, tapi akan merambat kepada kehidupan sosial disekitarnya (lingkungan sosial keluarga). Hal seperti ini akan memicu terjadinya gesekan yang akan berujung keretakan, lambat laun akan mengganggu dan merusak keharmonisan di dalamnya. Skripsi ini mengkaji tentang program konsultasi keharmonisan keluarga yang ada di Kantor Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Sekar Melati Yogyakarta menurut pendapat para klien. Penyusun tertarik meneliti pendapat para klien LK3 Sekar Melati tentang efektifitas layanan LK3 Sekar Melati dikarenakan lembaga ini fokus dalam gerakan kesejahteraan sosial, khususnya kesejahteraan keluarga. Selain itu LK3 Sekar Melati juga melayani klien secara cuma-cuma (tidak dipungut biaya). Rumusan masalah dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui proses dan bentuk pelayanan konsultasi keharmonisan keluarga serta untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konsultasi keharmonisan keluarga yang ada di kantor LK3 Sekar Melati Yogyakarta menurut perspektif klien dianalisis dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 16 Tahun 2013 dan Fiqh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), penelitian ini bersifat preskriptif, yaitu menganalisis pendapat klien yang pernah menggunakan layanan, terhadap pelayanan konsultasi yang telah diberikan oleh pihak LK3 Sekar Melati. Data yang diperoleh berupa hasil wawancara dengan para klien LK3 Sekar Melati yang didokumentasikan melalui proses pencatatan akan diperluas dan disusun dalam teks. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif-yuridis, dan kemudian diambil kesimpulan dengan menggunakan penalaran berfikir induktif. Adapun hasil penelitian ini berupa informasi proses dan bentuk layanan konsultasi yang di berikan kepada para klien. Kemudian klien memberikan pandangan seputar pengalaman menggunakan layanan konsultasi keharmonisan keluarga yang telah diberikan oleh pihak LK3 Sekar Melati. dari semua pendapat klien menyebutkan bahwa layanan yang di tawarkan sejalan dan sesuai dengan aplikasi dan praktek yang mereka peroleh. Praktek pelayanan konsultasi keharmonisan keluarga yang melibatkan peran hakam (mediator) sejalan dan sesuai dengan nilai-nilai fiqh menurut para ulama fiqh klasik dan kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: DRS. SUPRIATNA, M.SI.
Uncontrolled Keywords: konsultasi, harmonis, keluarga
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Mar 2020 09:05
Last Modified: 10 Mar 2020 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36116

Actions (login required)

View Item View Item