PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III A MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN

Sidiq Prasetya, NIM: 14480085 (2019) PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III A MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III A MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN)
14480085_BAB-I,_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III A MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN)
14480085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

SIDIQ PRASETYA. “Pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas III A MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang dalam penelitian ini atas dasar prestasi bahasa Arab siswa yang masih pada angka KKM 60,00. Hal ini disampaikan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab bahwa masih terdapat keluhan-keluhan/kendala dalam mata pelajaran bahasa Arab siswa yang berdampak pada prestasi belajar siswa. Al-Qur’an berbahasa Arab. Salah satu kegiatan yang diprogramkan selaras dengan keluhan tersebut di MI Bego yaitu program tahfiẓ/menghafal Al-Qur’an. Terdapat beberapa kemiripan baik dalam hal materi maupun kegiatan/cara pengajarannya serta tentunya dengan bahasa yang sama (bahasa Arab) yang memungkinkan terdapat hubungan saling mendukung khususnya mendukung prestasi belajar bahasa Arab siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas III A MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat menghafal Al-Qur’an, prestasi belajar bahasa Arab serta mengetahui seberapa besar pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif desain Ex post facto. Variabel bebasnya adalah menghafal Al-Qur’an, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas III MI Ma’arif Bego. Sampel yang digunakan menggunakan teknik acak. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III A MI Ma’arif Bego. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes sebagai sumber utama serta wawancara sebagai data tambahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi linear sederhana. viii Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil menghafal siswa kelas III A MI Ma’arif Bego masuk pada kategori sedang sebesar 81,8% yaitu sebanyak 27 siswa. Prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas III A MI Ma’arif Bego sebesar 69,7% yang termasuk dalam kategori sedang sebanyak 23 siswa. Terdapat pengaruh antara menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas III A MI Ma’arif Bego sebesar 78,2%. Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an dan Prestasi Belajar Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an dan Prestasi Belajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:38
Last Modified: 12 Mar 2020 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum