UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN PECAHAN MELALUI PERMAINAN KARTU DOMINO MATEMATIKA (DOMIKA) PADA SISWA KELAS IV SDN SEGOROYOSO

Seftiana Mar Atussolikhah, NIM: 14480111 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN PECAHAN MELALUI PERMAINAN KARTU DOMINO MATEMATIKA (DOMIKA) PADA SISWA KELAS IV SDN SEGOROYOSO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN PECAHAN MELALUI PERMAINAN KARTU DOMINO MATEMATIKA (DOMIKA) PADA SISWA KELAS IV SDN SEGOROYOSO)
14480111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN PECAHAN MELALUI PERMAINAN KARTU DOMINO MATEMATIKA (DOMIKA) PADA SISWA KELAS IV SDN SEGOROYOSO)
14480111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Seftiana Mar Atussolikhah, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Bilangan Pecahan Melalui Permainan Kartu Domino Matematika (DOMIKA) Pada Siswa Kelas IV SDN Segoroyoso”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2019 Dalam pembelajaran matematika, peserta didik dituntut aktif sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Jika peserta didik aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, dapat berpengaruh terhadap penguasaan materi matematika yang dipelajari dan dapat meningkatkan hasil belajar. Di SDN Segoroyoso, proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Selain itu,nilai rata-rata kelas pada saat ulangan harian hanya 62,5 atau hanya 25,8% siswa yang tuntas mencapai nilai KKM. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menerapkan pembelajaran secara berkelompok sambil bermain yang menuntut peserta didik untuk aktif, berkompetisi, saling membantu jika ada yang merasa kesulitan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi operasi bilangan pecahan dengan metode permainan domino matematika (DOMIKA) pada siswa kelas IV SDN Segoroyoso. Penelitian yang dilaksanakan di SDN Segoroyoso bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi operasi bilangan pecahan menggunakan permainan kartu domino matematika pada siswa kelas IV SDN Segoroyoso. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes pada setiap akhir siklus, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi pada proses kegiatan pembelajaran serta dokumentasi, ix kemudian dianalisis dengan menghitung persentase ketuntasan serta nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar m ateri operasi bilangan pecahan melalui permainan kartu domino matematika pada siswa kelas IV. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa pra siklus yaitu hanya sebesar 25,8% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 52,9, kemudian nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 24,51 sehingga menjadi 77,41 atau sebesar 67,7% siswa tuntas pada Siklus I dan meningkat lagi pada siklus II yaitu sebesar 100% siswa tuntas dengan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 16,09 sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 93,5. Peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra siklus hingga siklus II cukup besar yaitu sebesar 40,6 atau sebesar 74,2% Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Domino Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Agung Rokhimawan, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif, Domino Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:38
Last Modified: 12 Mar 2020 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum