PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Neneng Lia Rohmalia, NIM: 15480003 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
15480003_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
15480003_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Neneng Lia Rohmalia (15480003) Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Terhadap Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Kelas V di SD Idea Baru Kalasan Sleman Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V di SD Idea Baru, dan 2) berapa besar sumbangan (konstribusi) pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V di SD Idea Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non eksperimen, variabel bebas dalam penelitian ini pendidikan kepramukaan dan variabel terikat kecerdasan interpersonal. Sampel diambil dari seluruh populasi yakni terdiri dari 62 peserta didik, pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur pendidikan kepramukaan dan kecerdasan interpersonal peserta didik. Sebelum melakukan penelitian instrumen diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu, uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dan linieritas, dan Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh antara pendidikan kepramukaan terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V di SD Idea Baru yang dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 8.299 >1.671, dengan nilai P = 0,000 < 0,05, dan 2) sumbangan pengaruh sebesar 0,534 (53,4%) terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik. Adapun sisanya sisanya 46,6% dijelaskan dengan faktor lain atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pendidikan Kepramukaan, Kecerdasan Interpersonal, Peserta Didik Kelas V SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bapak Sigit Prasetyo, M.Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kepramukaan, Kecerdasan Interpersonal, Peserta Didik Kelas V SD.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2020 13:41
Last Modified: 12 Mar 2020 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum