METODE PEMBELAJARAN TILAWAH MUJAWWAD UNTUK SANTRI JENJANG MI/SD DI PONDOK PESANTREN JAM’IYATUL QURRA’ NGAGLIK MAGELANG JAWA TENGAH

Ulinnuha Siti Munawaroh, NIM: 15480007 (2019) METODE PEMBELAJARAN TILAWAH MUJAWWAD UNTUK SANTRI JENJANG MI/SD DI PONDOK PESANTREN JAM’IYATUL QURRA’ NGAGLIK MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN TILAWAH MUJAWWAD UNTUK SANTRI JENJANG MI/SD DI PONDOK PESANTREN JAM’IYATUL QURRA’ NGAGLIK MAGELANG JAWA TENGAH)
15480007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN TILAWAH MUJAWWAD UNTUK SANTRI JENJANG MI/SD DI PONDOK PESANTREN JAM’IYATUL QURRA’ NGAGLIK MAGELANG JAWA TENGAH)
15480007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Ulinnuha Siti Munawaroh, “Metode Pembelajaran Tilawah Mujawwad untuk Santri Jenjang MI/SD di Pondok Pesantren Jam’iyatul Qurra’ Ngaglik Magelang Jawa Tengah”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Pembelajaran merupakan sebuah sarana untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan. Tujuan dari adanya pembelajaran adalah untuk tercapainya harapan dan target pendidikan yang harus dicapai. Ketika seorang pengajar menginginkan terjadinya pembelajaran yang berkesan dan dapat diterima dengan baik, maka pengajar harus mampu menguasai kelas. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran. Metode pembelajaran untuk siswa jenjang MI/SD sangat beragam. Tilawah menjadi salah satu keterampilan yang diminati oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik. Setiap anak memiliki kemampuan untuk bersuara dengan karakteristik yang beragam, akan tetapi tidak setiap anak mampu mempelajari tilawah dengan baik sesuai standar pembelajaran tilawah pada umumnya. Hal ini tentu menjadi kendala yang besar dalam mempelajari tilawah. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui proses pembelajaran tilawah mujawwad, metode pembelajaran yang digunakan, serta problematika yang dihadapi pengasuh maupun pengurus Pondok Pesantren Jam’iyatul Qurra’. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan gabungan antara ketiganya atau triangulasi. Adapun pengecekan keabsahan data yang digunakan oleh peneliti menggunakan uji kredibitas, uji dependelitas, dan uji konfirmabilitas. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisis dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan untuk mempelajari tilawah mujawwad di Pondok Pesantren Jam’iyatul Qurra’ adalah metode bandongan, sorogan, dan haflah. Ketiga metode ini dikombinasikan untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan meningkatkan kemampuan tilawah khususnya untuk santri jenjang MI/SD. Proses pembelajaran tilawah mujawwad di pesantren ini diawali dengan pendahuluan berupa pendekatan dan pengenalan, serta beberapa tahapan pembelajaran yang disesuaikan dengan nagam pada maqro’ yang dipelajari. Kata kunci: Pembelajaran, Metode, Tilawah Mujawwad, Pondok Pesantren Jam’iyatul Qurra’

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Metode, Tilawah Mujawwad, Pondok Pesantren Jam’iyatul Qurra’
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2020 14:31
Last Modified: 12 Mar 2020 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36196

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum