UPAYA MENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU SALAM 4 KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG

Ratna Kumala Sari, NIM: 14430059 (2019) UPAYA MENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU SALAM 4 KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU SALAM 4 KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG)
14430059_Ratna Kumala Sari_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU SALAM 4 KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG)
14430059_Ratna Kumala Sari_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ratna Kumala Sari (14430059). “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Kelompok B RA Muslinat NU Salam 4”. Skripsi . Yogyakarta : Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2018. Penelitian ini dilatar belakangi karena tingkat konsentrasi anak di RA Muslimat NU Salam 4 yang masih menunjukkan kondisi cukup. Dari 15 anak hanya ada 8 anak yang berkonsentrasi saat guru menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui penerapan metode cerita untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak pada kelompok B di RA Muslimat NU Salam 4. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Obyek yang diteliti adalah konsentrasi belajar anak. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang diguanakan yaitu dengan menghitung hasil peningkatan konsentrasi belajar anak dari pra tindakan, tindakan siklus I, dan tindakan siklus II lalu mendeskripsikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi belajar anak meningkat setelah diberikan tindakan melalui metode cerita bergambar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kondisi awal 60% berada pada kriteria cukup, dan 40 % berada pada kriteria baik. Kemudian pada tindakan siklus I meningkat menjadi 26,66% pada kriteria cukup dan 73,33 % berada pada kriteria baik. Dan pada tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 20 % berada pada kriteria baik, dan 80 % berada pada kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cerita bergambar dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak kelompok B di RA Muslimat NU Salam 4. Kata kunci : Konsentrasi belajar, Metode cerita bergambar, dan Anak kelompok B

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Zubaedah, S.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi belajar, Metode cerita bergambar, dan Anak kelompok B
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 10:01
Last Modified: 13 Mar 2020 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum