EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS N 10 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Winda Astuti, NIM: 15420011 (2019) EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS N 10 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS N 10 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
15420011_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS N 10 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019)
15420011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Winda Astuti. Eksperimentasi Penggunaan Youtube dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Kelas VIII di MTs N 10 Sleman Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan yang sangat cepat. Pembelajaran bahasa Arab MTs N 10 Sleman belum menggunakan teknologi secara maksimal. Selain itu, motivasi belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran bahasa Arab. Youtube sebagai media sosial yang dekat dengan siswa sehingga dapat menjadikan pengalaman belajar online. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara peningkatan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas eksperimen yang menggunakan Youtube dengan siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan Youtube. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun desain penelitian adalah pretest-posttest control group design dengan menggunakan kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan (treatment) dengan Youtube dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus independent samples test. Hasil analisis IBM SPSS statistics 23 setelah perlakuan (treatment) menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki thitung< ttabel yaitu 1,248 < 1,669 dengan taraf signifikansi 0,217> 0,05 sehingga data tidak signifikan dengan memiliki varian yang tidak jauh berbeda. Peningkatan motivasi kelas eksperimen sejumlah 1,03 sedangkan kelas kontrol sejumlah -0,12. Nilai gain kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki thitung< ttabelyaitu 0,737 < 1,699 dengan taraf signifikansi 0,464> 0,05. Dikarenakan thitung< ttabel atau Sig. > 0,05, maka kesimpulannya adalah hipotesis nihil (H0) yang mengatakan tidak ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan motivasi belajar bahasa Arab kelas eksperimen yang menggunakan xxiv Youtube dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Youtube terbukti diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Lemahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu mayoritas siswa tidak menyukai bahasa Arab, koneksi internet yang terhambat, dan siswa membuka situs selain Youtube. Kata kunci: Youtube, Motivasi Belajar, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Youtube, Motivasi Belajar, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:06
Last Modified: 13 Mar 2020 13:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum