KONVERSI AGAMA MASYARAKAT TIONGHOA (STUDI SOSIO-HISTORIS KONVERSI AGAMA MASYARAKAT TIONGHOA CIREBON TAHUN 1963-1970)

RIZKY RIYADU TAUFIQ, NIM. 01520711 (2006) KONVERSI AGAMA MASYARAKAT TIONGHOA (STUDI SOSIO-HISTORIS KONVERSI AGAMA MASYARAKAT TIONGHOA CIREBON TAHUN 1963-1970). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONVERSI AGAMA MASYARAKAT TIONGHOA (STUDI SOSIO-HISTORIS KONVERSI AGAMA MASYARAKAT TIONGHOA CIREBON TAHUN 1963-1970))
01520711 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONVERSI AGAMA MASYARAKAT TIONGHOA (STUDI SOSIO-HISTORIS KONVERSI AGAMA MASYARAKAT TIONGHOA CIREBON TAHUN 1963-1970))
01520711 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Kajian mengenai masyarakat Tionghoa di Indonesia, merupakan kajian yang menarik, yang tidak akan ada habisnya. Dari permasalahan diskriminasi rasial, sejarah hingga ke permasalahan sosial politik semuanya ada dan pemah menjadi kajian bagi para pemerhati masyarakat Tionghoa di Indonesia. Penulisan skripsi ini, penyusun bermaksud menyajikan kajian mengenai masyarakat Tionghoa di Indonesia dengan menggunakan kaca mata disiplin ilmu perbandingan agama, yakni berkenaan dengan permasalahan konversi agama yang terjadi pada kalangan masyarakat Tionghoa di Indonesia. Secara khusus penyusun melakukan pengamatan pada masyarakat Tionghoa di wilayah Cirebon. Berbagai hal yang terjadi pada masyarakat Tionghoa Cirebon, semenjak awal mereka memasuki Cirebon yang terjadi sekitar abad 15 M, hingga kini, melahirkan berbagai dinamika sejarah dari keberadaan masyarakat Tionghoa di Cirebon. Bagaimana mereka bisa berproses dan beradaptasi dengan masyarakat pribumi selama berabad-abad, hingga bagaimana mereka menghadapi permasalahan-permasalahan sosial-politik yang seakan-akan membuat jarak antara pribumi dan non pribumi di Cirebon. Permasalahan konversi agama yang teljadi pada kalangan masyarakat Tionghoa di Cirebon pada kajian ini memfokuskan pada periode tahun 1963 hingga tahun 1970. Dimana pada tahun-tahun tersebut telah teljadi beberapa momentum yang membuat kalangan masyarakat Tionghoa Cirebon menjadi sasaran propaganda politik dan kerusuhan. Pada tahun 1963 terjadi kerusuhan di Cirebon yang melibatkan kalangan masyarakat Tionghoa dan Pribumi yang berakhir dengan kerusuhan. Kemudian, pada tahun 1965, pasca teljadinya G 30 S/PKl, kalangan masyarakat Tionghoa Cirebon juga menjadi sasaran kelompok-kelompok anti komunis yang selalu mengejar-ngejar mereka. Dari sebab itu, konversi agama dianggap oleh sebagian kalangan Tionghoa sebagai solusi alternative untuk menghindar dari sasaran ketidaksukaan pribumi terhadap mereka. Dari sedikit uraian tersebut, penyusun berusaha untuk menyajikan pemakpemik teljadinya konversi agama pada kalangan masyarakat Tionghoa di Cirebon pada tahun 1963 hingga tahun 1970, beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ada berbagai teori yang penyusun jadikan sebagai rujukan pada penelitian ini, diantaranya adalah teori mengenai tahapan konversi agama yang diambil dari buku Ilmu Jiwa Agama dan buku Psikologi Agama di samping itu penyusun juga menggunakan beberapa prinsip dalam kajian sosio-historis yang pada penelitian ini sangat dominan. Kemudian dalam penelitian ini penyusun juga berupaya menerapkan keranka metode penelitian kualitatif yang menitiktekankan pada kajian literature yang ditunjang dengan fakta di lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sekar Ayu Aryani, MA,
Uncontrolled Keywords: konversi agama, masyarakat tionghoa, studi sosio-historis,
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 06 Aug 2019 14:30
Last Modified: 06 Aug 2019 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36251

Actions (login required)

View Item View Item