PANDANGAN MUHAMMAD MUSTAFA Al-A'ZAMI TENTANG PROSES KODIFIKASI MUSHAF 'USMANI DALAM BUKU THE HISTORY OF THE QUR'ANIC TEXT FROM REVELATION TO COMPILATION: A COMPARATIVE STUDY WITH THE OLD AND NEW TESTAMENTS

WAHDAN NAJIB HABIBY, NIM: 00530334 (2006) PANDANGAN MUHAMMAD MUSTAFA Al-A'ZAMI TENTANG PROSES KODIFIKASI MUSHAF 'USMANI DALAM BUKU THE HISTORY OF THE QUR'ANIC TEXT FROM REVELATION TO COMPILATION: A COMPARATIVE STUDY WITH THE OLD AND NEW TESTAMENTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN MUHAMMAD MUSTAFA Al-A'ZAMI TENTANG PROSES KODIFIKASI MU fMF 'USMANI DALAM BUKU THE HISTORY OF THE QUR'ANIC TEXT FROM REVELATION TO COMPILATION: A COMPARATIVE STUDY WITH THE OLD AND NEW TESTAMENTS)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN MUHAMMAD MUSTAFA Al-A'ZAMI TENTANG PROSES KODIFIKASI MU fMF 'USMANI DALAM BUKU THE HISTORY OF THE QUR'ANIC TEXT FROM REVELATION TO COMPILATION: A COMPARATIVE STUDY WITH THE OLD AND NEW TESTAMENTS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Sejarah telah mencatat, pertempuran umat Islam dan non-Islam sudah terjadi sejak zaman Rasulullah Muhammad Saw hingga saat ini, berbagai cara dan upaya dari orang non-Islam terns dilakukan demi menghancurkan eksistensi kaum muslimin. Namun, tembok tinggi nan besar berupa "keimanan" telah menghalau setiap upaya mereka Propaganda-propaganda berskala Internasional terus digulirkan, mulai bentuk penjajahan, misionaris, orientalis, bahkan memberikan stigma "teroris". Usaha dalam bentuk pertempuran secara frontal selalu dapat digagalkan, kini mereka mencoba meruntuhkannya dalam bentuk pelemahan iman, pembohongan sejarah, dsb. Studi tentang proses kodifikasi Mu Q.af 'Usmaru menarik untuk dikaji, hal ini dipicu oleh pendapat-pendapat orientalis yang meragukan otentisitas al-Qur'an. Mereka beranggapan bahwa telah terjadi perubahan-perubahan dalam M Q.af 'Usmiin1 akibat ulah Sahabat, sehingga otentisitas al-Qur'an sebagai kitab suci telah redup. Perubahan-perubahan yang terjadi tidak hanya sampai pada proses kodifikasi M Q.af 'Usmaru, penyempurnaan bentuk tulisan al-Qur'iin yang terjadi pada masa berikutnya dianggap sebagai perubahan nyata Oleh karenanya penyempurnaan tulisan al-Qur'iin yang mulai ramai diterapkan dalam teks al-Qur'an pada abad kedua Hijriah akan dikaji dan dibatasi sampai pada abad ini. Penelitian ini juga bermaksud mengetahui metode M. M. Al-A':;r:am1 dalam membuktikan pandangannya tentang otentisitas al-Qur'an. Dengan melakukan penelitian terhadap karya terbaru M. M. Al-A' am1 yang berjudul The History of The Qur 'anic Text From Revelation to Compilation: A Comparatif Study with the Old and New Testament, peneliti bermaksud menelaah dan mengungkapkan pandangan M. M. Al-A' am1 dengan metode deskriptif-analitis. Dengan metode ini, pandangan M. M. Al-A' am1 dideskripsikan dan dianalisis sedemikian rupa sehingga diketahui objektivitas dan sikapfairness M. M. Al-A' am1 dalam memperlakukan data historis dan konklusi akhirnya. Skripsi ini menempatkan Prof. Dr. Muhammad Mustafa Al-A' am1 dan pemikirannya dalam studi Qur'iin secara positif dan proporsional, menyangkut berbagai pandangan atau tuduhan-tuduhan miring kaum orientalis terhadap beberapa aspek dalam proses atau sejarah pengumpulan M Q.af 'Usmaru. M. M. Al-A':;r:am1 termasuk seorang ulama kontemporer, beliau hidup pada saat pergulatan pemikiran kontemporer dalam mengkaji agama Islam mengalami dinamika yang cukup signifikan. Dengan maraknya kajian para orientalis yang cenderung skeptis, di sinilah M. M. Al-A':;r:am1 menawarkan suatu pemahaman dengan metode isnad dan pendekatan historis. Dengan metode dan pendekatan tersebut, M. M. Al-A':;r:am1 berhasil meluruskan berbagai persepsi yang kurang benar seputar proses kodifikasi M Q.af 'Usmam, bahkan mampu mematahkan argumen-argumen kaum orientalis yang berusaha meruntuhkan otentisitas al-Qur'iin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moh. Yusup, M.SI
Uncontrolled Keywords: KODIFIKASI MUSHAF 'USMANI
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:46
Last Modified: 12 Aug 2019 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum