POLA PENGASUHAN SINGLE PARENT DAN KESANGGUPAN MELAKUKAN STRATEGI SURVIVAL (Studi Kasus terbadap Single Parent di Keluraban Kertosari Ronorogo )

ULFI Nl' AMAH, NIM . 00540403 (2006) POLA PENGASUHAN SINGLE PARENT DAN KESANGGUPAN MELAKUKAN STRATEGI SURVIVAL (Studi Kasus terbadap Single Parent di Keluraban Kertosari Ronorogo ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PENGASUHAN SINGLE PARENT DAN KESANGGUPAN MELAKUKAN STRATEGI SURVIVAL (Studi Kasus terbadap Single Parent di Keluraban Kertosari Ronorogo ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (POLA PENGASUHAN SINGLE PARENT DAN KESANGGUPAN MELAKUKAN STRATEGI SURVIVAL (Studi Kasus terbadap Single Parent di Keluraban Kertosari Ronorogo ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Meningkatnya single parent di Indonesia merupakan fenomena menarik yang perlu diteliti. Ketidak-percayaan masyarakat tumbuh terhadap keberhasilan pengasuhan anak gfeh orang tua single par ent. Sebagian masyarakat masih menghubungkan kelabilan bangunan keluarga single parent dengan kenakalan anak dan remaja maupun perilaku menyimpang lainnya. Penelitian ini mengulas tentang adaptasi keluarga single parent terhadap kondisi-kondisi objektif, serta pola asuh yang diterapkan keluarga single par ent kepada anak-anaknya berkenaan dengan kesanggupan melakukan strategi survival. Ketertarikan peneliti terhadap single par ent setidaknya memiliki beberapa alasan, pertama , beberapa penelitian di Barat menunjukkan bahwa ketidak lengkapan orang tua berpengaruh pada kepribadian anak, sehingga peranan keluarga single par ent dianggap kurang dapat menciptakan suasana keluarga untuk peningkatan prestasi intelektua1 anak. Ke dua,masyarakat masih menganggap keluarga single par ent sebagai keluarga labil dan sering dikaitkan dengan kerapuhan ekonomi , sosial maupun psikologis . Dari penelitian ini dapat diketahui faktor-faktor sosiologis yang mempengaruhi pola asuh keluarga single par ent, proses sosialisasi keluarga single par ent, baik sosialisasi permas lahan pada anak maupun usahanya untuk tetap bertahan hidup. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis. Pendekatan ini digunakan untuk memahami latar belakang single parent serta kaitannya rerhadap pola asuh yang diterapkan kepada anak-anaknya, serta kemampuannya untuk tetap survive. Metode yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi . Selanjutnya untuk menganalisis, data yang ada kemudian diringkas dt<l diurutkan dalam beberapa kategori , dan untuk mempermudah data tersebut dikelompokkan atau diberi kode. DF!ta-data tersebut diperoleh dari Sumber Data Statistik Kelurahan Kertosari, interview dengan informan baik single par ent, keluarga dekat baik itu anak, orang t saudara,juga dari pengamatan langsung peneliti. Setelah melakukan penelitian , ditemukan : pertama , polfl asuh keluarga single par ent di Kertosari hampir sama dengan keluarga utuh pada umumnya . Justru status sosial ekonomi dan pendidikanlah yang membedakan pc:... pengasuhan yang diterap,kan dalam keluarga. Ada dua pola asuh yang dipakai, yaitu pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Hasil penelitian lainnya bahwa strategi survival sebagai bentuk penyesuaian jangka panjang keluarga single pa rent dapat dilihat dari tiga bentuk yakni: 1. Berperan ganda dan peningkatan partisipasi anak, 2. Alokasi pendapatan , 3. Sosialisasi permasa ahan pada anak dan dukungan keluarga .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, M.A,
Uncontrolled Keywords: SINGLE PARENT, SURVIVAL
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2019 09:51
Last Modified: 12 Aug 2019 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum