PAGUYUBAN KEBATINAN SUMARAH PURBO DI DUSUN KWALANGAN DESA WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA (Studi Motivasi Keheragamaan)

ARRY NOVIANTO, NIM. 99523073 (2006) PAGUYUBAN KEBATINAN SUMARAH PURBO DI DUSUN KWALANGAN DESA WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA (Studi Motivasi Keheragamaan). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PAGUYUBAN KEBATINAN SUMARAH PURBO DI DUSUN KWALANGAN DESA WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA (Studi Motivasi Keheragamaan))
99523073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PAGUYUBAN KEBATINAN SUMARAH PURBO DI DUSUN KWALANGAN DESA WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA (Studi Motivasi Keheragamaan))
99523073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Paguyuban Sumarah Purbo yang berpusat di Dusun Kwalangan wilayah Kabupaten Bantul Y ogyakarta adalah merupakan salah satu dari sekian banyak organisasi penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang terse bar di seluruh wilayah Indonesia. Paguyuban Sumarah Purbo ini tergabung dalam organisasi Himpunan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Keberadaan Paguyuban Kebatinan Sumarah Purbo ini paling tidak memberi wama lain dari kehidupan keberagamaan khususnya di wilayah Dusun K walangan yang mayoritas penganutnya adalah pemeluk agama Islam Penelitian · ini bertujuan untuk mengetahui defmisi kebatinan Sumarah Purbo menurut masyarakat Dusun Kwalangan dan apa yang menjadi motivasi masyarakat Dusun K walangan dalam menghayati kebatinan Sumarah Purbo Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan psikologis yang biasa digunakan untuk meneliti kehidupan agama seseorang. Dalam konteks penelitian ini yaitu masyarakat Dusun K walangan yang tertarik untuk menghayati kebatinan Sumarah Purbo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field researh), yang dilaksanakan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya. Metode yang digunakan adalah interview, observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan data-data yang kemudian dirangkai, dijelaskan dengan faktafakta ataupun kalimat untuk mendapatkan kesimpulan Hasil dari penelitian ini mendapatkan beberapa jawaban, pertama, masyarakat Dusun Kwalangan mendefinisikan Paguyuban Sumarah Purbo sebagai salah satu bentuk kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang mempunyai ajaran dan ritual tertentu seperti halnya ritual yang dimiliki oleh agama sebagai sarana menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu mereka juga menganggap Sumarah Purbo bukanlah suatu agama, bahkan baik dari pihak Sumarah Purbo sendiri secara tegas menyatakan bahwa Sumarah Purbo bukanlah suatu agama dan tidak akan membentuk agama baru. . . kedua adalah motivasi yang mendorong masyarakat dusun K walangan menghayati kebatinan Sumarah Purbo sangat beragam. Motivasi instrinsik merupakan faktor yang paling dominan dari penganut dalam menghayati kebatinan yaitu untuk mencari ketenangan batin dan ketentraman hidup dengan cara mengamalkan ajaran-ajaran Sumarah Purbo yang dirasa simpel dan mudah dipahami dan sesuai dengan hati mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Muh. Damami, M.Ag 2. Nurus Sa'adah, S.Psi., M.si., Psi
Uncontrolled Keywords: PAGUYUBAN KEBATINAN SUMARAH PURBO
Subjects: TASAWUF
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2019 11:22
Last Modified: 13 Aug 2019 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36322

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum