Jamaliyat thalathat al ash'ar li Adonis muassasan 'ala nazriyah alam al jamal al adabiy 'inda Roman Ingarden

Ahmad Alawi Hasan, NIM. 12110029 (2019) Jamaliyat thalathat al ash'ar li Adonis muassasan 'ala nazriyah alam al jamal al adabiy 'inda Roman Ingarden. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Jamaliyat thalathat al ash'ar li Adonis muassasan 'ala nazriyah alam al jamal al adabiy 'inda Roman Ingarden)
12110029_BAB-I_III_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Jamaliyat thalathat al ash'ar li Adonis muassasan 'ala nazriyah alam al jamal al adabiy 'inda Roman Ingarden)
12110029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Estetika-Estetika Tiga Puisi Karya Adonis Berdasarkan Ilmu Estetika Sastra Roman Ingarden. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengungkap estetika-estetika lapis dan titik persamaan tiga puisi karya Adonis yaitu mira>h lil ‘ain wa az-zama>n, mira>h lil Orfeu>s, dan al-lu>’lu>’ah. Adonis merupakan penyair dan kritikus sastra yang masyhur dan selalu menghadirkan pemikiran baru. Puisi-puisi Adonis memiliki bentuk puisi yang bebas, struktur yang kompleks, dan sarat dengan nilai-nilai estetika. Untuk menjawab persoalan tersebut, digunakan Ilmu Estetika Sastra Roman Ingarden untuk mengungkap estetika lapis-lapis dalam tiga puisi tersebut. Berdasarkan teori Ilmu Estetika Roman Ingarden, puisi terstruktur dalam lima lapis, yaitu lapis bunyi, kesatuan arti, objek-objek yang dikemukakan, dunia, dan metafisis. Pada penelitian ini, tiga puisi karya Adonis menjadi sumber data primernya dan buku, jurnal, dan referensi lain menjadi sumber data sekundernya. Penelitian ini bersifat library research menggunakan teknik pustaka catat dan metode deskriptif analis. Dengan menggunakan teori tersebut, skripsi ini menyatakan bahwa estetika bunyi pada tiga puisi ini menggunakan huruf lemah dan lebih lemah untuk menunjukkan ketulusan, rasa cinta dan duka cita. Huruf mutawassit}ah, kuat dan lebih kuat untuk menunjukkan kegigihan, keberanian, dan nasionalisme. Estetika makna membahas pemikiran dan perenungan penyair atas kehidupannya. Estetika objeknya yaitu sikap hidup penyair dan peristiwa hidup Orfeus. Estetika Dunia membahas tentang kemanusiaan yaitu bagaimana seharusnya manusia hidup. Estetika metafisis yaitu jalan spiritual penyair.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Bermawy Munthe, MA
Uncontrolled Keywords: Fiksi, Roman
Subjects: Kesusastraan Arab > Roman
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Aug 2019 14:58
Last Modified: 15 Aug 2019 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum