NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL RUMAH PELANGI KARYA SAMSIKIN ABU DALDIRI

DYAH PURNAWATI - NIM. 05470011 , (2010) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL RUMAH PELANGI KARYA SAMSIKIN ABU DALDIRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL RUMAH PELANGI KARYA SAMSIKIN ABU DALDIRI)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (786kB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL RUMAH PELANGI KARYA SAMSIKIN ABU DALDIRI)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendikripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam sebuah karya sastra novel Rumah Pelangi yang berisi tentang memoar guru. Fokus penelitian ini ingin mengungkapkan nilai-nilai pendidikan Islam dan karakteristik pendidik yang terdapat dalam novel Rumah Pelangi karya Samsikin Abu Daldiri. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan media pendidikan dalam lingkup Kependidikan Islam. Penelitian ini merupakan studi pustaka atau library research. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi. Dalam penelitian ini, peneliti akan mengungkapkan tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Rumah Pelangi dan sejauh mana karakteristik pendidik yang terdapat dalam novel Rumah Pelangi itu sesuai dengan nilai-nilai Islam kemudian menafsirkannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Rumah Pelangi yang berisi tentang memoar guru mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang tercermin dalam pribadi seorang guru. Diantaranya, nilai-nilai keimanan, antara lain: (1) nilai keimanan kepada Allah, (2) nilai keimanan kepada takdir Allah; nilai-nilai pendidikan Islam dalam ibadah, antara lain: (1) salat, (2) puasa, (3) sedekah, (4) haji; dan nilai-nilai pendidikan Islam dalam akhlakul kharimah, meliputi: (1) akhlak kepada Allah, antara lain: (a) doa, (b) dzikir, (c) baik sangka kepada Allah, (d) syukur, (e) sabar, (f) tawakkal, (g) ikhlas; (2) akhlak terhadap diri sendiri, antara lain: (a) introspeksi diri, (b) teliti memilih jodoh, (c) etos kerja; (3) akhlak terhadap sesama manusia, antara lain: (a) jujur, (b) ta'awun (tolong-menolong); (4) akhlak dalam keluarga, antara lain: (a) berbakti kepada orang tua, (b) kesetiaan dan ketulusan istri kepada suami; dan karakteristik pendidik yang terdapat dalam novel itu sesuai dengan nilai-nilai Islam, antara lain: (1) optimis; (2) humanis; (3) tawadlu' (rendah hati); (4) pemaaf; (5) zuhud (tidak materialistis); (6) berdedikasi tinggi; (7) antusias, semangat, dan percaya diri; (8) terampil membuka pelajaran; (9) terampil mengaktifkan belajar siswa; (10) terampil menjelaskan pelajaran; (11) terampil menutup pelajaran; (12) kreatif dalam mengajar; dan (13) inovatif dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, karakteristik pendidik, novel Rumah Pelangi, Samsikin Abu Daldiri
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2012 14:12
Last Modified: 17 Mar 2017 01:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3635

Actions (login required)

View Item View Item