PENDAYAGUNAAN ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN KADER ULAMA (PKU) DI BADAN AMIL ZAKAT KABUPATEN SUKABUMI MENURUT PERSPEKTIF ULAMA (KLASIK DAN KONTEMPORER)

DENI ABDURROHMAN, NIM: 00380157 (2005) PENDAYAGUNAAN ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN KADER ULAMA (PKU) DI BADAN AMIL ZAKAT KABUPATEN SUKABUMI MENURUT PERSPEKTIF ULAMA (KLASIK DAN KONTEMPORER). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDAYAGUNAAN ZAKAT)
00380157_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDAYAGUNAAN ZAKAT)
00380157_BAB_II_S.D_BAB_SEBELUM_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Namun sangat disayangkan perhatian pemerintah terhadap pendidikan ini sangat kecil. Bahkan ada sebagian kalangan yang mengatakan bahwa pemerintah "menganaktirikan pendidikan". Hal ini terbukti dengan sangat kecilnya anggaran untuk pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, sekarang ini pemerintah berupaya mencari cara agar kekurangan anggaran pendidikan dapat ditutupi. Salah satu cara. yang dilakukan oleh pemerintah dalam menghadapi kecilnya anggaran pendidikan ini adalah melalui mekanisme zakat. Karena melalui mekanisme zakat ini merupakan salah satu cara yang paling gampang dan relatif mudah diterapkan. Apalagi sejak tahun 1999 zakat sudah memiliki kedudukan yang kuat secara hukum dengan ditetapkannya UU No. 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat. Pemanfaatan zakat sangat tergantung pada pengelolaannya. Pendayagunaan zakat yang pengelolaannya baik dan profesional akan memenuhi fungsinya sebagai lembaga ibadah sekaligus pula sebagai sarana untuk menanggulangi berbagai permasalahan sosial. Untuk lebih terorganisrnya pengelolaan zakat haruslah dilakukan oleh suatu badan yang mempunyai legalitas dan wewenang untuk menangani, mengelola, mengatur, menata, mengorganisir dan meningkatkan daya guna zakat, yaitu Badan Amil Zakat (BAZ) atau Lembaga Amil Zakat (LAZ). Salah satu BAZ yang pengelolaannya sudah baik dan profesional adalah Badan Amil Zakat Kabupaten Sukabumi. Salah satu program pendayagunaan zakat yang dilakukan oleh BAZ Kabupaten Sukabumi adalah memberikan dana (bea santri) kepada para santri salafi dalam suatu program yang disebut dengan Pendidikan Kader Ulama (PKU). Program PKU ini sebuah fenomena yang menarik untuk dikaji. Hal tersebut memberikan kesempatan kepada penyusun untuk menyingkap apa dan bagaimana program PKU itu, apakah program PKU itu menyimpang dari ajaran Islam khususnya mengenai sasaran zakat sebagaimana disebutkan dalam surat At Taubah (9) ayat 60. Pendekatan yang digunakan dalam meneliti program PKU ini adalah pendekatan normatif, yaitu cara mendekati masalah yang terjadi di lapangan secara empiris, apakah masalah-masalah tersebut sudah benar atau tidak berdasarkan pada norma hukum Islam yang berupa nass atau qaidah. Berdasarkan metode yang digunakan, maka terungkaplah bahwa program PKU yang dijalankan oleh BAZ Kabupaten Sukabumi ini tidak menyimpang dari norma hukum Islam, khususnya dalam ayat sasaran zakat. Karena para peserta (santri) yang ikut dalam program tersebut dikategorikan sebagai sabilillah. Landasan dari BAZ Kabupaten melaksanakan program PKU itu adalah fatwa MUI yang menyatakan bahwa boleh memberikan zakat kepada para pelajar yang sedang menuntut ilmu, yang berdasarkan pada pendapat beberapa ulama, fuqaha dan mufassir yang memperluas arti sabilillah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.Supriatna, M.Si - Yasin Baidi, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: ZAKAT, PENDIDIKAN KADER ULAMA (PKU), BADAN AMIL ZAKAT
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 16 Aug 2019 13:51
Last Modified: 16 Aug 2019 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum