PENAFSIRAN AL-IflKMAH MENURUT JALALUDDIN ABDURRAHMAN BIN ABI BAKR AS-SUYUJTI DALAM KITAB Ad-DURR AL-MANSURFl At-TAFSIR AL-MA'SUR (Sebuah Kajian Tematik)

Imam Purnomo, NIM. 9953 3088 (2006) PENAFSIRAN AL-IflKMAH MENURUT JALALUDDIN ABDURRAHMAN BIN ABI BAKR AS-SUYUJTI DALAM KITAB Ad-DURR AL-MANSURFl At-TAFSIR AL-MA'SUR (Sebuah Kajian Tematik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN AL-HIKMAH MENURUT JALALUDDIN ABDURRAHMAN BIN ABI BAKR AS-SUYiJTI DALAM KITAB Ad-DURR AL-MANSUR At-TAFSIR AL-MA' SUR (Sebuah Kajian Tematik))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN AL-IflKMAH MENURUT JALALUDDIN ABDURRAHMAN BIN ABI BAKR AS-SUYiJTI DALAM KITAB Ad-DURR AL-MANSiJRFl At-TAFSJR AL-MA 'SUR (Sebuah Kajian Tematik))
BAB II, III, IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Salah satu bentuk usaha manusia untuk membentengi jati dirinya dan menabung amal akhirat adalah dengan ilmu dan amal. Namun kesemuanya itu belurn cukup untuk mengetahui rahasia Ilahi yang diberikan kepada umat manusia di alam semesta ini. Maka pengembangan pemahaman dan pengetahuan tentang fenomena yang muncul di alam raya ini penulis menganggap perlu untuk diungkap, sehingga diketahui sebab-musababnya pada situasi dan kodisi yang selalu berubah dan membutuhkan sebuah kerangka pemikiran yang khusus untuk menyikapi hal ini. Hemat penulis perlu adanya pengkajian tentang }Jilanah di balik kejadian maupun peristiwa yang telah terjadi. Al-lfilanah adalah suatu kata ·mudah diucapkan tetapi tidak "gampang" dalam mengetahuinya maupun memahaminya akan mendapatkan sesuatu dari Allah secara langsung, sehingga dapat diaplikasikan secara tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu. Melihat problematika yang muncul penulis menganggap perlu meneliti lebih dalam untuk menambah khasanah keilmuan dan dapat dijadikan sarana untuk menyusun skripsi guna memenuhi sebagian syarat untuk menyelesaikan program studi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hemat penulis pemaknaan tentang al-}Jilanah menjadi sesuatu yang perlu untuk dikaji dan dipahami sehingga tidak ada pemaknaan yang sepihak yang berujung pada sebuah claim pembenaran, semisal seorang filosof memberi makna filsafat, jika seoran.g. sufi- tasawuf, fuqaha fiqh, dan seterusnya. ' Oleh karena itu penulis menganggap perlu untuk sebuah pengembangan keilmuan dan pemikiran karena jauh ini,masih sedikit yang membahas khusus tentang makna al-}Jilanah sebab sejatih ini penulis hanya melihat kajian al-}Jikmah pada bidang kajian keilmuan tertentu yang atau kumpulan nasihat yang disandarkan pada al-Qur'an dan hadis maupun nasehat ulama' yang terkesan hanya menjelaskan makna sesuai dengan bidang keilmuan khusus yang dipelajarinya. Penulis menemukan makna al-}Jilanah ini y g diungkap oleh Jalaluddin as-Suyuti dalam kitab tafsirnya ad-Dua al-Mansiir fi at- Tafslr al-Ma 'siir yang disusun melalui metode Jjmili . Beliau memberikan makna al-}Jilanah dengan kenabian, al-Qur'an, Sunnah, Fiqh, 'lim Billah, al-$awwib, akal dan al-Fahm. Maka dalam penelitian ini penulis menggunakan metode tematik (maucjii7) untuk mendapatkan ayat-ayat yang terkait dengan kata al-h}ikmah. Selanjutnya penulis dapat menjelaskan makna kata al-}Jilanah menurut as-Suyuti. Pada penelitian inipenulis menelusuri seluk-beluk kitab tersebut baik metode, corak, latar belakang maupun Asbib al- Wuriid dan ungkapan-ungkapan beliau ketika memberi makna kata al-}Jikmah sehingga penulis menemukan gam.baran untuk melangkah pada pengkajian makna al-}Jilanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Muhammad Yusuf, M.SI.,
Uncontrolled Keywords: PENAFSIRAN AL-HIKMAH, JALALUDDIN ABDURRAHMAN BIN ABI BAKR AS-SUYUTI
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Aug 2019 06:28
Last Modified: 19 Aug 2019 06:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36375

Actions (login required)

View Item View Item