KEPEMIMPINAN ULAMA DALAM PANDANGAN MASYARAKAT ISLAM Dl DESA WONOKROMO PLERET BANTUL (Studi Terhaclap Ritual Rebo Pungkasan)

~uhammad Burhan Svakuri, NIM. 99522839 (2006) KEPEMIMPINAN ULAMA DALAM PANDANGAN MASYARAKAT ISLAM Dl DESA WONOKROMO PLERET BANTUL (Studi Terhaclap Ritual Rebo Pungkasan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN ULAMA DALAM PANDANGAN MASYARAKAT ISLAM Dl DESA WONOKROMO PLERET BANTUL (Studi Terhaclap Ritual Rebo Pungkasan))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TUL (Studi Terhaclap Ritual Rebo Pungkasan))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (14MB)

Abstract

Salah satu tradisi Jawa adalah kultus terhadap leluhur. Leluhur adalah orang-orang yang memiJiki sifat-sifat )ulna pada masa hidupnya. Mereka dianggap sebagai pribadi-pribadi yang telah berhasil membentuk pola masyarakat seperti sekarang. Ritua1 Rebo Pungkasan ada1ah sa1ah satu bentuk rituaJ yang dilakukan masyarakat Islam di Desa Wonokromo untuk memperingati pertemuan Kyai Welit leluhur masyarakat yang juga seorang ulama dengan Sultan Hamengku Buwono I. Disisi Jain Desa Wonokromo dikenaJ sebagai desa santri karena banyak terdapat ulama serta pondok pesantren. Ulama adalah salah satu gelar yang diberikan kepada seseorang karena kepemimpinannya daJam masyarakat, begitu pula masyarakat Wonokromo menganggap ulama orang yang dituakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kepercayaan terhadap mitos yang mendasari pelaksanaan ritual Rebo Pungkasan, mengetahui proses pelaksanaan, serta mengetahui makna sirnbol dan hubungannya dengan kepemirnpinan ulama. Maka untuk menggali dasar ritual Rebo Pungkasan ini peneliti menggunakan beberapa metode penelitian berikut : metode observasi, metode interview, metode dokumentasi. dan analisis data Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif kuaJitatif, yakni menggambarkan, menuturlcan, menganalisis, dan mengklasifikasikan suatu peristiwa. Pendekatan yang digunakan adalah antropologis yakni meneliti obyek secara keseluruhan daJam kaitannya dengan aspek-aspek budaya lain. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa fakta. Ritual Rebo Punglcasan dalam perkembangannya dipengaruhi oleb faktor kepercayaan terhadap mitos. Kepercayaan ini bennula dari cerita tentang seorang ulama sakti guru Sultan Hamengku Buwono I yang menemukan pusaka berupa kitab suci Al­ Qur'an. Sehingga menjadikan Desa Wonokromo sekarang banyak terdapat ulama dan pesantren. Kebanyakan mitos di Jawa menggambarkan kultus kepemimpinan yang bennuara pada hubungan raja, wali (ulama), dan Nyi Ratu Kidul. Ritual Rebo Punglca.van mengandung berbagai ajaran yang tercermin dalam simbol ritual. Pasukan oncor, pasukan berkuda, dan temper raksasa berisi pesan untuk taat kepada raja dan ulama . Pelaksanaan ritual Rebo Pungkasan juga diisi oleh kegiatan yang bercorak Islam pesantren, seperti, mujahadah, semaan Al­ Qur'an., dan pada acara puncak diadakan doa tolak bala dan memohon keselamatan. Praktek bercorak pesantren tersebut merupakan basi) perkembangan yang dilakukan oleh para ulama. Karena sebelumnya praktek ritual Rebo Pungkasan ini akan d.Jbendung, namun karena masyarakat pada wnumnya masih berpegang teguh pada tradisi maka praktek tersebut tetap dilaksanakan. Bahkan masyarakat semakin mantap dalam me1aksanakan karena dukungan sebagian ulama .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Moh. Damami M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Ulama
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Aug 2019 14:29
Last Modified: 19 Aug 2019 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36378

Actions (login required)

View Item View Item