Al Sura'at Al Dakhiliyyah Fi Al Riwayah Ra'aitu Ramallah Li Maurid Al Barghauti (dirasah Tahliliyyah Nafsiyyah Li Kurt Lewin)

Muchammad Asyrovi, NIM. 14110050 (2019) Al Sura'at Al Dakhiliyyah Fi Al Riwayah Ra'aitu Ramallah Li Maurid Al Barghauti (dirasah Tahliliyyah Nafsiyyah Li Kurt Lewin). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Sura'at Al Dakhiliyyah Fi Al Riwayah Ra'aitu Ramallah Li Maurid Al Barghauti (dirasah Tahliliyyah Nafsiyyah Li Kurt Lewin))
14110050_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Al Sura'at Al Dakhiliyyah Fi Al Riwayah Ra'aitu Ramallah Li Maurid Al Barghauti (dirasah Tahliliyyah Nafsiyyah Li Kurt Lewin))
14110050_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji novel Roaitu Ramallah karya Mourid Bargouthi. Novel ini menceritakan tentang kondisi masyarakat di Palestina pasca perang enam hari dengan Israel pada tahun 1967. Banyak sekali konflik-konflik yang terjadi dalam novel ini yang membuat peneliti sangat tertarik untuk menelitinya. Novel ini menyajikan berbagai macam masalah psikologis yang dihadapi masyarakat Palestina khususnya di Ramallah. Masalah psikologis yang akan diteliti adalah konflik batin yang dialami tokoh utama. Selanjutnya, problem mendasar yang ingin dijawab oleh peneliti wujud konflik batin yang terjadi, faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya, dan respon yang diambil tokoh utama dalam menghadapi konflik batin tersebut. Dengan meggunakan pendekatan psikologis Kurt Lewin, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat, pengagalan-penggalan paragraf atau paragraf utuh yang mendukung fokus penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan dokumen. Teknik analisis data meliputi menyeleksi data, memilah dan mengelompokan data, meneliti data yang menunjukkan indikasi sesuai fokus penelitian dan membuat kesimpulan. Sesuai dengan tujuan penelitian, hasil penelitian yang di temukan adalah (1) konflik batin yang terjadi dalam novel Raaitu Ramallah meliputi, konflik mendekat-mendekat yaitu kebimbangan. Konflik menjauh-menjauh yaitu kebimbangan, kekesalan, dan kekecewaan. Konflik mendekat-menjauh yaitu kebimbangan, ketidaknyamanan, kekecewaan, keraguan, dan kegelisahan. (2) Faktor penyebab terjadinya konflik meliputi, faktor internal dan faktor eksternal. (3) respon yang diambil oleh tokoh utama meliputi pemlihan/penolakan, kompromi, dan ragu-ragu (kebimbangan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mustari, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: sastra arab - novel
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Aug 2019 08:04
Last Modified: 20 Aug 2019 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36381

Actions (login required)

View Item View Item