Ma'ani Al Af'al Al Madiyyat Al Haqiqiyyah Wa Al Majaziyyah Fi Surat Al Baqarah (dirasah Tahliliyyah Balaghiyyah Fi 'ilm Al Bayan)

Royyi Muwaffa, NIM. 15110056 (2019) Ma'ani Al Af'al Al Madiyyat Al Haqiqiyyah Wa Al Majaziyyah Fi Surat Al Baqarah (dirasah Tahliliyyah Balaghiyyah Fi 'ilm Al Bayan). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ma'ani Al Af'al Al Madiyyat Al Haqiqiyyah Wa Al Majaziyyah Fi Surat Al Baqarah (dirasah Tahliliyyah Balaghiyyah Fi 'ilm Al Bayan))
15110056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Ma'ani Al Af'al Al Madiyyat Al Haqiqiyyah Wa Al Majaziyyah Fi Surat Al Baqarah (dirasah Tahliliyyah Balaghiyyah Fi 'ilm Al Bayan))
15110056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Al-Baqarah adalah surah kedua dalam Al-Quran yang merupakan surah terpanjang dengan 286 ayat di dalamnya (dua setengah juz atau 48 halaman). Setelah membaca ayat-ayatnya beberapa kali penulis menemukan banyak fiil madli yang mengandung makna majaz. Oleh karena itu, penulis menjadikan masalah ini sebagai objek penelitian. Penulis memilih objek ini karena objek ini belum pernah diteliti oleh orang lain. Penulis berharap bahwa penelitian ini dapat memberikan informasi akademik bahwa tidak semua kata dalam surah Al-Baqarah bermakna hakiki, namun terkadang bermakna majazi. Untuk menganalisis masalah tersebut secara detail, penulis menggunakan sebuah teori yaitu ilmu bayan bab majaz. Dengan teori ini pula penulis akan menganalisis hubungan antara dua makna, yaitu hakiki dan majazi. Dalam penelitian ini, penulis menemukan 665 fi’il madhi dan 42 ayat dalam surat Al-Baqarah yang mengandung majaz, yang penulis kategorikan menjadi tiga bagian, majaz aqli, majaz isti’arah dan majaz mursal. Dalam penggunaannya, ketiga majaz ini digunakan untuk menganalisis makna yang disertai dengan alaqah atau hubungan dalam setiap ayatnya. Bentuk alaqah yang ditemukan di dalam surat Al Baqarah ini bermacam-macam, diantaranya musabbabiyyah, sababiyyah, kulliyyah, dan sebagainya. Kata Kunci : majaz pada fi'il madhi, surat Al-Baqarah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muhammad Pribadi, M.A M.Si.
Uncontrolled Keywords: majaz pada fi'il madhi, surat Al-Baqarah
Subjects: al Qur'an > Qur'an - Ilmu bayan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Aug 2019 08:15
Last Modified: 22 Aug 2019 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36419

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum