TRADISI PESANTREN DAN RADIKALISME AGAMA ( Studi Kasus Tradisi Santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo Surakarta)

AHMAD MUHSON BURHANUDIN, NIM: 00540108 (2006) TRADISI PESANTREN DAN RADIKALISME AGAMA ( Studi Kasus Tradisi Santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo Surakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI PESANTREN DAN RADIKALISME AGAMA ( Studi Kasus Tradisi Santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo Surakarta))
BAB I, V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TRADISI PESANTREN DAN RADIKALISME AGAMA ( Studi Kasus Tradisi Santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo Surakarta))
BAB II, III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Sungguh tidak pemah disangka sebelumnya, kalau pondok pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki yang terkenal dengan aqidalmya yang kuat dikait­ kaitkan dengan aksi terorisme di tanah air maupun intemasional, oleh Amerika dan beberapa negara-negara Asia. Ketertarikan meneliti pesantren Ngruki dengan tujuan sederhana saja, ingin mendeskripsikan salah satu pesantren yang memang dikenal cukup radikal dalam hal pengajaran agama Islam di tanah air. Selain itu berita dan informasi tentang dugaan keterlibatan pesantren Ngruki dalam berbagai kasus pengeboman di tanah air juga masih sedikit dan simpang siur. Pesantren ini secara tegas mendasarkan diri pada aqidah Islamiyah, penegakan syari'ah Islamiyah, dan memberantas segala bentuk kemungkaran di muka bumi. Azas pesantren ini adalah Islam, disaat pesantren dan organisasi Islam lain berazaskan Pancasila. Adapun rumusan masalah yang dikemukakan berkaitan dengan isu pesantren dan radikalisme agama yang melanda pondok pesantren Al-Mukmin Ngruki adala.'l; a. Bagaimanakah tradisi santri di pondok pesantren Al­ Mukmin Ngruki, b. Apakah tradisi di pondok pesantren Al-Mukmin Ngruki menimbulkan sikap radikalisme agama terhadap para santrinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mencari fakta, dengan interpretasi yang bertujuan untuk membuat deskripsi yang tepat, secara sistematik, faktual, akurat mengenai fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenom{ na yang diteliti. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini memberikan gambaran yang lengkap mengenai kehidupan sosial, tradisi pesantren, serta bagaimanakah kebenaran tuduhan dan opini yang berkembang di masyarakat bahwa pondok pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki mengajarkan radikalisme agama kepada santrinya. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial dan teori kekerasan. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial karena akan meneliti kehidupan sosial, tindakan santri, dan tradisi yang ada di pondok pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki . Penelitian ini juga dapat disesuaikan dengan teori deprivasi relative (perampasan hak) Robert T. Gurr. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah; bahwa tradisi pesantren yang mendapat pengawasan dan perhatian dari pemerintah adalah tradisi pembelajaran yang berupa sisitem pendidikan dan kurikulum yang terdapat materi jihad, serta kegiatan Mulakamah (beladiri) dan SAPALA (Santri pecinta Alam) yang latihannya oleh media barat diinterpreta'likan sebagai latihan kader atau bibit-bibit teroris karena model latihannya mirip latihan militer. Beberapa tradisi di pondok pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki yang dicurigai dan mendapat pengawasan lebih dari pemerintah setelah diteliti, temyata tidak menimbulkan sikap radikalisme agama terhadap santrinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ahmad Baidowi, S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: TRADISI PESANTREN, RADIKALISME AGAMA
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Aug 2019 15:10
Last Modified: 23 Aug 2019 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36441

Actions (login required)

View Item View Item