RELASI AN'TAR ISTERI DALAM KELUARGA POLIGAMI (Stud.i terhad.ap Profit Keluarga Poligami di Desa Cibening, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Propinsi Jawa Barat)

Nurul Hid.ayah, NIM: 0154 0670 (2006) RELASI AN'TAR ISTERI DALAM KELUARGA POLIGAMI (Stud.i terhad.ap Profit Keluarga Poligami di Desa Cibening, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Propinsi Jawa Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELASI AN'TAR ISTERI DALAM KELUARGA POLIGAMI (Stud.i terhad.ap Profit Keluarga Poligami di Desa Cibening, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Propinsi Jawa Barat))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RELASI AN'TAR ISTERI DALAM KELUARGA POLIGAMI (Stud.i terhad.ap Profit Keluarga Poligami di Desa Cibening, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Propinsi Jawa Barat))
BAB II -IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Poligami yang berasal dari bahasa Yunani yaitu apolus dan gamos atau dalam bahasa Sunda sering disebut wayuh atau nyandu, memiliki pengertian suatu sistem perkawinan seorang laki-laki mengawini lebih dari seorang perempuan dalam waktu bersamaan. Dalam penelitian yang betjudul "Relasi Antar Isteri Dalam Keluarga Poligami (Studi Terhadap Keluarga Poligami di Desa Cibening, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat) ini menitikberatkan pada relasi antar isteri dalam rumah tangga keluarga poligami, dengan mengambil lima keluarga yang melakukan praktik poligami sebagai sampel dalam penelitian llll. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui pola relasi isteri-isteri yang terdapat dalam rumah tangga keluarga poligami. Untuk mencapai penelitian yang dimaksud, maka penelitian ini dilakukan secara deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan realitas sosial yang kompleks dan juga hal-hal baru yang ada di masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan menggunakan pendekatan sosiologi. Adanya interaksi antar isteri dalam keluarga poligami dengan lingkungan setempat menciptakan suatu relasi dalam komunitas tersebut. Dalam jaringan relasi tidak hanya selamanya terbentuk integrasi yang harmonis, tetapi dapat pula tetjadi kritik, oposisi, konflik dan lain-lain. Penelitian ini menunjukan bahwa keharmonisan dalam relasi antar isteri yang dipoligami akan terealisasikan jika ada sifat saling mengerti, memahami, menghormati, mempercayai dan adanya komunikasi yang baik antar isteri yang satu dengan yang lainnya. Namun jika sifat tersebut tidak terdapat di dalamnya, maka besar kemungkinan akan tetjadinya konflik yang mengakibatkan ketegangan relasi antar isteri dalam kehidupan rumah tangganya dan keluarga besarnya. Masyarakat pun dapat menilai keharmonisan rumah tangga mereka dengan mengukur dari kebersamaan mereka dalam mengarungi kehidupan rumah tangganya. Adanya faktor internal dan eksternal dalam relasi antar isteri yang dipoligami sangat mempengaruhi eksistensi seorang isteri yang dipoligami dengan lingkungan sosialnya. Seperti halnya faktor internal yang terdiri dari faktor emosional dan faktor pemahaman keagamaan dapat mempengaruhi relasi seorang isteri yang dipoligami dengan persoalan yang dia hadapi. Sedangkan faktor eksternal yang terdiri dari faktor ekonomi dan faktor lingkungan sosial dapat mempengaruhi relasi seorang isteri yang dipoligami dengan masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nafilah Abdullah M.Ag
Uncontrolled Keywords: RELASI AN'TAR ISTERI,KELUARGA POLIGAMI
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Aug 2019 09:25
Last Modified: 26 Aug 2019 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum