PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN PAI TERHADAP KEGIATAN ORIENTASI PENGENALAN AKADEMIK-KEMAHASISWAAN (OPAK) DAN SOSIALISASI PEMBELAJARAN (SOSPEM)

SABARUDIN, - (2010) PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN PAI TERHADAP KEGIATAN ORIENTASI PENGENALAN AKADEMIK-KEMAHASISWAAN (OPAK) DAN SOSIALISASI PEMBELAJARAN (SOSPEM). In: Pendidikan Islam. Bunga Rampai, - . Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pp. 1-35.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN PAI TERHADAP KEGIATAN ORIENTASI PENGENALAN AKADEMIK-KEMAHASISWAAN (OPAK) DAN SOSIALISASI PEMBELAJARAN (SOSPEM))
Sabarudin - Opak dan Sospem dalam Persepsi Mhs FTy Sabarudin.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Orientasi Pengenalan Akademik dan kemahasiswaan (OPAK) dan Sosialisasi Pembelajaran merupakan kebijakan perguruan tinggi Islam, khususnya UIN Sunan Kalijaga. Baik OPAK maupun Sospem keduanya dimaksudkan untuk memberikan pembekalan awal kepada mahasiswa baru agar mereka lebih dini mengenal kondisi kampus tempatnya belajar dan kondisi kehidupan yang akan dihadapi sebagai sosok mahasiswa. Meski kegiatan OPAK banyak mendapatkan kritik, tetapi kegiatan tersebut tetap dijalankan. Penyelenggaraannya pun terus menerus diperbaiki sehingga OPAK diharapkan dapat terlaksana secara lebih baik dalam membimbing mahasiswa baru mengenal perguruan tinggi di mana mereka belajar. Berbeda halnya dengan Sospem, sejak pertama kali dilaksanakan kegiatan ini cukup mendapat apresiatif dari para mahasiswa, meski tidak dipungkiri masih adanya kekurangan dalam pelkasanaannya. Penelitian ini mencoba mengungkap bagaimana persepsi dari mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga tentang OPAK dan Sospem yang telah mereka ikuti. Berdasarkan analisis hasil angket yang disebarkan kepada mahasiswa baru menunjukkan bahwa dalam pandangan mereka OPAK tetap dianggap penting tetapi banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Demikian halnya dengan Sospem. Dalam pelaksanaan OPAK perlu dilakukan pembenahan menejemen dan strategi atau pendekatan yang digunakan. Sedangkan Sospem, meski menurut sebagian besar responden sudah berjalan dengan baik tetapi para fasilitator juga perlu meningkatkan kualitas atau penguasaan strategi dalam implementasi Sospem. Karena kritik mahasiswa baru juga ada yang tertuju kepada dosen yang tidak mau melaksanakan amanah sebagai fasilitator Sospem dengan persiapan yang matang.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: MAHASISWA JURUSAN PAI, ORIENTASI PENGENALAN AKADEMIK-KEMAHASISWAAN (OPAK) DAN SOSIALISASI PEMBELAJARAN (SOSPEM)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Buku
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Aug 2019 10:05
Last Modified: 28 Aug 2019 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum