PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS I MADRASAH ALlY AH illY AUL ULUM DUKUN GRESIK SEMESTER I TAHUN AJARAN 2003/2004 DITINJAU DARI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL

Muhammad Uzair, NIM : 99454359 (2004) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS I MADRASAH ALlY AH illY AUL ULUM DUKUN GRESIK SEMESTER I TAHUN AJARAN 2003/2004 DITINJAU DARI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS I MADRASAH ALlY AH illY AUL ULUM DUKUN GRESIK SEMESTER I TAHUN AJARAN 2003/2004 DITINJAU DARI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS I MADRASAH ALlY AH illY AUL ULUM DUKUN GRESIK SEMESTER I TAHUN AJARAN 2003/2004 DITINJAU DARI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL)
BAB II, III, IV..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (864kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajarfisika siswa kelas I Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum Duk:un Gresik Tahun Ajaran2003/2004 antara siswa yang tinggal di asrama, siswa yang tinggal di rumah tidakmengikuti kegiatan nonformal dan siswa yang tinggal di rumah mengikutikegiatan nonformal dan untuk mengetahui hubungan antara faktor lingkunganbelajar terhadap prcstasi belajar fisika. Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan prestasi belajar fisika siswaantara siswa yang tinggal di asrama, siswa yang tinggal di rumah tidak mengikutikegiatan nonformal dan siswa yang tinggal di rumah dengan mengikuti kegiatannonformal dan ada hubungan antara faktor eksternal lingkungan tempat tinggalsiswa terhadap prestasi belajar fisika. Subjek penelitian ini berjumlah 74 siswa,terdiri dari 28 siswa yang tinggal di asrama, 24 siswa yang tinggal di rumah tidakmengikuti kegiatan nonforrnal dan 22 siswa yang tinggal di rumah denganmengikuti kegiatan nonformal. Metode pengumpulan data penelitian inimenggunakan metode angket faktor eksternallingkungan tempat tinggal dan tesprestasi belajar fisika.Uji hipotesis pertama yaitu menggunakan uji F (anava), sedangkan untukmenguji hipotesis kedua menggunakan koefisien korelasi. Hasil uji hipoteispertama menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswayang tinggal di asrama, siswa yang tinggal di rumah tidak mengikuti kegiatannonformal dan siswa yang tinggal di rumah dengan mengikuti kegiatan nonformaldan basil uji hipotesis kedua adalah ada pengaruh positif antara faktor eksternallingkungan tempat tingal siswa terhadap prestasi belajar fisika. Namun secarasignifikan hanya lingkungan asrama dan lingkungan rumah. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian secara mendalam terhadapprestasi belajar fisika siswa kelas I Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum Dukun Gresikmulai dari observasi, pengambilan data, pengolahan data, penganalisaan, dansebagainya, adalah bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas I Madrasah Aliyah lhyaul Ulum Dukun Gresik Tahun Ajaran 2003/2004 secara signifikan antarasiswa yang bertempat tinggal di asrama, siswa yang bertempat tinggal di rumahtidak mengikuti kegiatan nonformal dan siswa yang bertempat tinggal di rumahdengan mengikuti kegiatan nonformal.Selain itu ada pengaruh positif hubungan antara faktor eksternal lingkungan tempattinggal siswa terhadap prestasi belajar fisika. Namun secara signifikan hanyalingkungan siswa di asrama dan lingkungan siswa di rumah dengan kegiatannonformal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Warsono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar fisika, Madrasah Aliyah IhyaulUlum Dukun Gresik,
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Sep 2019 18:26
Last Modified: 02 Sep 2019 18:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum