PROSES PRODUKSI BERITA PAWARTOS NGAYOGYAKARTA DI STASIUN JOGJA TV

Abas, NIM. 03210167 (2007) PROSES PRODUKSI BERITA PAWARTOS NGAYOGYAKARTA DI STASIUN JOGJA TV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PRODUKSI BERITA PAWARTOS NGAYOGYAKARTA DI STASIUN JOGJA TV)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROSES PRODUKSI BERITA PAWARTOS NGAYOGYAKARTA DI STASIUN JOGJA TV)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses produksi berita pawartos Ngayogyakarta yang ditayangkan di stasiun Jogja TV. Dalam fungsinya sebagai media informasi televisi menyajikan program siaran berbentuk berita atau News. Setiap stasiun televisi dapat menayangkan berbagai program hiburan seperti film, musik, kuis, talk show, dan sebagainya, tetapi siaran berita merupakan program yang mengidentifikasi suatu stasiun TV kepada pernirsanya. Program berita menjadi identitas khusus atas identitas lokal yang dirniliki suatu stasiun televisi. Dengan demikian stasiun TV tanpa program berita akan menjadi stasiun tanpa identitas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kaulitatif. Sumber data dalam penelitian adalah para informan yang diminta informasinya tentang objek yang diteliti, yaitu kepala stasiun, redaktur pemberitaan, reporter, cameramen, editor, dan anchor. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi berita pawartos Ngayogyakarta dimulai dari tahap perencanaan, hunting berita di lapangan, penulisan naskah, editing hingga on air. Proses peliputan berita tersebut dilakukan dengan dua cara yaitu melalui wawancara dan press release. Pemilihan materi berita pada berita pawartos Ngayogyakarta lebih menitikberatkan pada unsur pertanian dan seremonial. Pertimbangan unsur lain yang dianggap memiliki nilai berita tinggi seperti masalah sosial, pendidikan, kebudayaan, dan sebagainya juga akan dijadikan sumber berita untuk memenuhi kebutuhan audience. Tekhnik penyajian berita pawartos dilakukan dengan tekhnik voice over dan sistem ROSS yaitu berita dibacakan oleh penyiar berita di dalam studio yang telah diliput oleh reporter dan kameramen di lapangan terkadang posisi reporter on the sreen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Musthofa, S.Ag, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Proses Produksi Berita, Berita Pawartos Ngayogyakarta, Stasiun Jogja TV, tekhnik voice over, sistem ROSS
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Sep 2019 17:10
Last Modified: 09 Sep 2019 17:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36538

Actions (login required)

View Item View Item