PERSEPSI JAMAAH TERHADAP KEMAMPUAN RETORIKA DA'I PADA PENGAJIAN REMAJA DI DESA BANYURADEN KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

ROCHMADI, NIM. 00210009 (2007) PERSEPSI JAMAAH TERHADAP KEMAMPUAN RETORIKA DA'I PADA PENGAJIAN REMAJA DI DESA BANYURADEN KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI JAMAAH TERHA DAP KEMAMPUAN RETORIKA DA'I PADA PENGAJIAN REMAJA DI DESA BANYURADEN KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version

Download (886kB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI JAMAAH TERHA DAP KEMAMPUAN RETORIKA DA'I PADA PENGAJIAN REMAJA DI DESA BANYURADEN KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara teoritis disusun dengan tujuan untuk memperkaya studi ilmu dakwah, khususnya teori retorika serta memberikan wacana bagi para aktifis dan lembaga dakwah (terlebih yang terlibat langsung di wilayah penelitian) dalam hal teori dan praktek retorika. Selain itu, secara praktis penelitian ini bertujuan untuk mendorong para dai dan lembaga dakwah lainnya agar lebih mau memperdalam teori dan praktek retorika. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, interview, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mendapatkan data tentang kemampuan retorika da'i dari responden yang menjadi audiens dalam kelompok pengajian yang dijadikan sampel. Observasi dilakukan untuk mengamati dan melihat secara global mengenai jamaah pengajian, kegiatan pengajian dan gambaran umum para da' i. Dalam Interview yang menjadi sasaran interviewer adalah Kepala Desa Banyuraden beserta stafnya dan beberapa tokoh masyarakat yang dipandang perlu. Tujuannya adalah mendapatkan gambaran tentang kondisi desa, yang meliputi letak geografis, keadaan demografi, keadaan sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, olah raga dan kesehatan dan gambaran umum mengenai kondisi keagamaan serta berbagai aspek yang melingkupinya. Dokumentasi diperoleh melalui dokumen-dokumen yang ada, terutama yang ada di kantor Desa Banyuraden. Fungsinya adalah sebagai bukti dan penguat dari hasil wawancara serta membantu langkah penelitian selanjutnya. Teknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu menjelaskan data dalam bentuk tabel tentang penguasaan materi, penguasaan sikap, dan kemampuan verbal. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan materi (43,12% baik; 50,42% cukup; 6,46% kurang); penguasaan sikap (39,29% baik; 51,01% cukup; 9,64% kurang); dan penguasaan verbal (46,25% baik; 48,75% cukup; 2,5% kurang). Selanjutnya dari 80 orang responden, 42.89% diantaranya menyatakan kemampuan dai pada pengajian remaja di Desa Banyuraden adalah baik, sedangkan 50.09% responden menyatakan kemampuan dai cukup, dan hanya 7.30% responden yang menyatakan kemampuan dai kurang. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dai pada pengajian remaja di Desa Banyuraden adalah cukup, dengan selisih sebesar 7.207% dibanding dengan responden yang menyatakan kemampuan dai baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abror Sodik, M.Si
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN RETORIKA DA'I
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Sep 2019 18:35
Last Modified: 09 Sep 2019 18:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36542

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum