HUBUNGAN ANTARA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VII MTs N 6 SLEMAN YOGYAKARTA

MITHA INDAH CAHYATI, NIM. 14220004 (2019) HUBUNGAN ANTARA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VII MTs N 6 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VII MTs N 6 SLEMAN YOGYAKARTA)
14220004-BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VII MTs N 6 SLEMAN YOGYAKARTA)
14220004-BAB II, III, IV .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VII MTs N 6 Sleman Yogyakarta. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan populasi 160 siswa, 56 siswa sebagai sampel uji coba dan 90 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data utama berupa skala, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data menggunakan studi korelasi Product Moment dari Pearson untuk memperoleh hasil uji hipotesis dengan bantuan SPSS 22.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang antara mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VII MTs N 6 Sleman Yogyakarta yang memiliki koefisien korelasi sebesar -0.397 dengan sig. (2-tailed)= 0.000 dengan N=90 pada taraf signifikan 5%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif, maka hipotesis diterima dan terbukti kebenarannya. Artinya, semakin aktif siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler maka semakin rendah prokrastinasi akademik. Sebaliknya, jika semakin pasif siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler maka semakin tinggi prokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakrikuler, Prokrastinasi Akademik
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Nov 2019 11:13
Last Modified: 15 Nov 2019 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36610

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum