EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI MTsN 9 BANTUL

NUR WAHYUDI, NIM. 15220057 (2019) EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI MTsN 9 BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI MTsN 9 BANTUL)
15220057_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI MTsN 9 BANTUL)
15220057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kedisiplinan merupakan perilaku yang harus diterapkan kepada seorang sejak dini. Tetapi di satu sisi ada beberapa faktor yang menghambat perilaku disiplin seseorang terutama seorang siswa, faktor tersebut seperti ketaatan siswa, kesadaran siswa, motivasi siswa, sedangkan dari faktor luar terdapat faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel sebanyak 8 orang. Teknik pengambilan data menggunakan skala kedisiplinan, wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan paired samples test (Uji-T). Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan nilai rata-rata pretest dengan posttest. Nilai rata-rata pretest yang diperoleh yaitu 76,875 sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 94 Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata sebesar 17,125, sedangkan hasil dari t-hitung sebesar 8,027 dan t-tabel sebesar 2,365, dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (8,027 ≥ 2,365 ). Selain itu jika dilihat dari nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga 0,000 ≤ 0,05. Dengan melihat hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak berarti terdapat perbedaan nilai rata-rata kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah pemberian treatment. Dengan demikian teknik Self Control efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII di MTsN 9 Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Cognitive Behavior Therapy, Teknik Self Control, Kedisiplinan Siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Nov 2019 08:49
Last Modified: 19 Nov 2019 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36620

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum