KIAI ABDULLAH BIN KHUSAIN DAN PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MATHALI’UL ANWAR DI PANGARANGAN SUMENEP MADURA TAHUN 1935-1984

ACH. RIADI, NIM. 11120125 (2019) KIAI ABDULLAH BIN KHUSAIN DAN PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MATHALI’UL ANWAR DI PANGARANGAN SUMENEP MADURA TAHUN 1935-1984. Skripsi thesis, FAKULTAS ADAB DAN BUDAYA.

[img]
Preview
Text (KIAI ABDULLAH BIN KHUSAIN DAN PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MATHALI’UL ANWAR DI PANGARANGAN SUMENEP MADURA TAHUN 1935-1984)
11120125_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KIAI ABDULLAH BIN KHUSAIN DAN PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MATHALI’UL ANWAR DI PANGARANGAN SUMENEP MADURA TAHUN 1935-1984)
11120125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai sejarah berdirinya pondok pesantren Mathali’ul Anwar di desa Pangarangan Sumenep Madura yang dirintis oleh Kiai Abdullah bin Khusain tahun 1935. Mengamati perkembangan pondok pesantren Mathali’ul Anwar di bawah kepemimpinan Kiai Abdullah bin Khusain dimana peran dan dinamika kehidupannya tidak mudah dilepaskan dalam bagian latar belakang sejarah berdirinya pondok pesantren di Sumenep, bagaimana sejarah perkembangan di Sumenep serta apa kontribusinya bagi masyarakat di Desa Pangarangan Kabupaten Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis (sejarah) dengan empat tahap, yaitu: heuristik dan sumber lisan, verifikasi (kritik intern dan ekstern), interpretasi, dan historiografi. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian literatur dan studi lapangan serta untuk sifat penelitiannya adalah deskriptif-analisis. Analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi (sosiologi approach) dan memakai teori peranan sosial yang dikembangkan oleh Erving Goffman untuk menganalisis suatu peran seseorang yang mempunyai kontribusi dalam struktur sosialnya serta membawa pengaruh demi terciptanya sebuah tatanan masyarakat yang stabil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang sejarah (historical background) berdirinya pondok pesantren sangat kuat dari peran Kiai Abdullah yang membawa misi besar terhadap perubahhan masyarakat Sumenep demi meluruskan pemahaman ajaran agama Islam dari aqidah, tauhid, syariat dan akhlak yang bersumber dari ajaran kitab Allah dan As-sunnah. Kiai Abdullah telah mampu mengintegrasikan pendidikan agama dan pendidikan formal yang fokus terhadap nilai-nilai religiusitas dan etika masyarakatnya. Konsistensi pondok pesantren sebagai media dakwah dan pendidikan agama yang indigenous, kian tumbuh dan hidup bersama dalam habitus nilai-nilai social, etika dan estetika masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Muhsin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kiai Abdullah bin Khusain, Peran, Pondok Pesantren
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:58
Last Modified: 25 Nov 2019 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum