UPAYA PEMBERDAYAAN RELAWAN DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KESETARAAN GENDER MELALUI VOLUNTEER TRAINING PROGRAM OLEH LEMBAGA SWADAYA MASYARAT (LSM) RIFKA ANNISA

SITI KUNTARIATI, NIM. 12230064 (2019) UPAYA PEMBERDAYAAN RELAWAN DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KESETARAAN GENDER MELALUI VOLUNTEER TRAINING PROGRAM OLEH LEMBAGA SWADAYA MASYARAT (LSM) RIFKA ANNISA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBERDAYAAN RELAWAN DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KESETARAAN GENDER MELALUI VOLUNTEER TRAINING PROGRAM OLEH LEMBAGA SWADAYA MASYARAT (LSM) RIFKA ANNISA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBERDAYAAN RELAWAN DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KESETARAAN GENDER MELALUI VOLUNTEER TRAINING PROGRAM OLEH LEMBAGA SWADAYA MASYARAT (LSM) RIFKA ANNISA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Komnas Perempuan mencatat bahwasanya angka kekerasan terhadap perempuan di Indonesia masihlah sangat tinggi. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kesalahpahaman masyarakat mengenai perbedaan antara seks dan gender yang dapat berimbas pada ketidakadilan gender. Salah satu upaya untuk menangani hal tersebut, LSM Rifka Annisa melalui Volunteer Training Program ikut andil dalam proses pencegahan kekerasan dengan meningkatkan kesadaran mengenai pemahaman gender melalui pemberdayaan relawan. Peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam lagi terkait pemberdayaan tersebut karena tidak banyak LSM yang melakukan pemberdayaan relawan secara terstruktur seperti yang dilakukan oleh Rifka Annisa. Dalam penelitian ini dirumuskan dua pertanyaan penelitian, Pertama, bagaimana upaya pemberdayaan relawan oleh LSM Rifka Annisa dalam peningkatan pemahaman gender; Kedua, apa saja manfaat yang didapat oleh relawan dalam upaya pemberdayaan oleh LSM Rifka Annisa dalam peningkatan pemahaman gender. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan teori dari Ginanjar Kartasasmita tentang upaya pemberdayaan relawan, serta teori dari Edi Sugarto dan Hart tentang manfaat pemberdayaan relawan dan partisipasi. Untuk mendukung hal tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, serta metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan atas dasar pertimbangan tertentu dengan cara peneliti memilih orang tertentu yang orang tertentu yang dipertimbangkan akan memberikan data yang diperlukan. Dalam penelitian ini hasil yang didapat menunjukkan bahwa, pertama, upaya pemberdayaan masyarakat melalui Volunteer Training Program meliputi menciptakan iklim/suasana yang memungkinkan potensi para relawan berkembang, memperkuat potensi/daya yang dimiliki relawan, dan partisipasi. Kedua, manfaat yang didapat relawan dalam proses pemberdayaan ini meliputi kebebasan berpendapat, menjangkau sumber-sumber produktif dan juga berpartisipasi dalam proses pembangunan. Dalam hal partisipasi, relawan di Rifka Annisa sudah mencapai dalam tahap inisiasi program dengan kontrol dari orang dewasa/staff.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Siti Syamsiyatun, M.A.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Relawan, Rifka Annisa, Kesetaraan Gender.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Nov 2019 11:34
Last Modified: 25 Nov 2019 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum