K.H. RUHIAT DAN PERJUANGANNYA MASA AKHIR PENJAJAHAN BELANDA SAMPAI AWAL KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI TASIKMALAYA 1930-1949

TARMAN, NIM. 12120057 (2019) K.H. RUHIAT DAN PERJUANGANNYA MASA AKHIR PENJAJAHAN BELANDA SAMPAI AWAL KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI TASIKMALAYA 1930-1949. Skripsi thesis, FAKULTAS ADAB DAN BUDAYA.

[img]
Preview
Text (K.H. RUHIAT DAN PERJUANGANNYA MASA AKHIR PENJAJAHAN BELANDA SAMPAI AWAL KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI TASIKMALAYA 1930-1949)
12120057_BAB-I_BAB-IV_ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (K.H. RUHIAT DAN PERJUANGANNYA MASA AKHIR PENJAJAHAN BELANDA SAMPAI AWAL KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI TASIKMALAYA 1930-1949)
12120057_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

K.H. Ruhiat adalah pendiri Pondok Pesantren Cipasung, ia lahir pada tanggal 11 November 1911 di Kampung Cisaro, Desa cipakat, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Sebagai seorang kiai, separuh hidupnya dugunakan untuk mengurus pesantren serta membina masyarakt. K.H. Ruhiat memiliki jiwa nasionalisme yang cukup tinggi, sehinnga memiliki kepedulian terhadp kehidupan berbangsa dan bernegara. Perjuangannya dalam pendidikan telah membuktikan keberhasilannya dengan berkembangnya Pesantren Cipasung, awalnya kurikulum pengajaran hanya berfokus pada ilmu pengetahuan Agama Islam saja namun ia telah berhasil memadukannya antara pengajaran ilmu pengetahuan agama Islam dengan ilmu pengetahuan umum. Dalam kemasyarakatan, ia telah sukses melakukan dakwah-dakwah dan mengadakan kajiankajian guna untuk menyebarkan agama Islam serta mngembangkan NU di Tasikmalaya. Keterlibatannya dalam menentang penjajahan merupakan hal utama yang dilakukan oleh K.H. Ruhiat, maka ia konsisten mempejuangkan jalur pendidikan sebagai cara mendidik masyarakat agar tidak selamanya dibodohi oleh penjajah. Oleh karena itu, penulis tertarik meneliti lebih lanjut tentang biografi dan perjuangannya K.H. Ruhiat. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti bermaksud untuk menjelaskan lebih rinci terhadap pejuangan K.H. Penelitian ini menggunakan pendekan biografi-sosiologis untuk mengkaji perjalanan hidup K.H. Ruhiat dari mulai ia lahir hingga wafat. Penelitian ini juga menggunakan pendekan sosiologis untuk mengkaji perjuangannya terhdap pendidikan, kemasyaarakatan, dan keterlibatannya dalam menentang penjajah di Tasikmalaya. Teori yang digunakan adalah teori peranan sosial oleh Erving Goffman. Sementara metode yang digunakan adalah merode sejarah, yaitu, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. K.H.Ruhiat merupakan kiai yang sukses memerankan peran sosial, politik, dan keagamaan. Sebagai ulama yang memulai rintisan perjuangan dari pesantren, K.H Ruhiat memfokuskan pada pendidikan. Walau pada awalnya begitu terlibat dalam politik, namun karena perubahan peta politik, menjadikan K.H Ruhiat lebih mampu bertahan dan sukses dalam pendidikan. Selain itu, perjuangan KH. Ruhiat yang membawa perubahan terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Ia berusaha memberikan kebutuhan masyarakat sekitar dalam bidang pendidikan, keagamaan, politik, kebudayaan hingga ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurul Hak, S. Ag. M. Hum
Uncontrolled Keywords: K.H. Ruhiat, politik dan perjuangan
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2019 08:53
Last Modified: 26 Nov 2019 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum