BUMDES DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT : STUDI PROSES DAN DAMPAK DI BUMDES CIHAUR KECAMATAN SIMPENAN KABUPATEN SUKABUMI

SANDI IBNU AZIZ, NIM. 12230067 (2019) BUMDES DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT : STUDI PROSES DAN DAMPAK DI BUMDES CIHAUR KECAMATAN SIMPENAN KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BUMDES DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT : STUDI PROSES DAN DAMPAK DI BUMDES CIHAUR KECAMATAN SIMPENAN KABUPATEN SUKABUMI)
12230067 Bab-1_IV atau V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BUMDES DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT : STUDI PROSES DAN DAMPAK DI BUMDES CIHAUR KECAMATAN SIMPENAN KABUPATEN SUKABUMI)
12230067_BAB II_ sampai_SEBELUM- BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian menjelaskan tentang bagaimana sejarah, langkah-langkah dan proses pembentukan BUMDes Cihaur beserta dampak BUMDes bagi kehidupan social masyarakat Desa Cihaur. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengertian BUMDes, undang-undang BUMDes, langkah-langkah pembentukan BUMDes serta dampak BUMDes terhadap meningkatanya pendapatan masyarakat Desa Cihaur. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada informan yang dipilih. Kemudian penelitian menggunakan tinjauan mengenai pengertian BUMDes, proses pembentukan dan pengembangan BUMDes, BUMDes sebagai lembaga pelayanan masyarakat, teori peningkatan pendapatan masyarakat, serta tinjauan mengenai dampak sosial ekonomiy ang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembentukan BUMDes Cihaur serta dampat social ekonomi terhadap kehidupan masyarakat. Penelitian ini berlokasi di Desa Ciahur, Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses pembentukan BUMDes Cihaur yang dimulai dari pembentukan RPMJDes tahun 2015 tidaklah mudah. Berikut langkah-langkah proses pembentukan BUMDes yakni : (1) Sosialisasi BUMDes kepada masyarakat, (2) Pembentukan Tim Persiapan Pembentukan BUMDes, (3) Rapat / Workshop Pemetaan Potensi dan Pemilihan Usaha, (4) Penyusunan Raperdes dan AD/ART BUMDes (5) Persiapan Pelaksanaan MUSDes (6) Pelaksanaan MUSDes, (7) Penerbitan Perdes. Kemudian ditemukan beberapa dampak dari adanya BUMDes Cihaur, yaitu : (1) Mendorong Kebutuhan Pokok Masyarakat desa Tercukupi, (2) Meningkatnya pendapatan masyarakat, (3) peluang usaha dapat dimaksiamalkan serta (4) Membuka peluang kerja baru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pendapatan, Proses, Dampak, BUMDes
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Nov 2019 09:40
Last Modified: 26 Nov 2019 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum