PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PONDOK PESANTREN : STUDI DI PESANTREN JOGLO ALIT, DESA KARANGDUKUH, KLATEN

ISLAH ISLAMI, NIM. 15230015 (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PONDOK PESANTREN : STUDI DI PESANTREN JOGLO ALIT, DESA KARANGDUKUH, KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PONDOK PESANTREN : STUDI DI PESANTREN JOGLO ALIT, DESA KARANGDUKUH, KLATEN)
15230015_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PONDOK PESANTREN : STUDI DI PESANTREN JOGLO ALIT, DESA KARANGDUKUH, KLATEN)
15230015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan adalah upaya untuk mewujudkan kualitas hidup masyarakat baik secara pola fikir, sikap maupun pengambilan keputusan. Meningkatnya kualitas hidup, masyarakat memiliki kemampuan untuk bersaing dan berkembang. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Joglo Ali, Klaten. Sebuah lembaga pendidikan Non-Formal yang memiliki visi dan misi untuk mendampingi masyarakat agar terbebas dari persoalan ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif, subyek dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus maupun santri Pondok Pesantren Joglo Alit, Klaten. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pondok Pesantren Joglo Alit dibangun dengan konsep pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi. Upaya tersebut diimplementasikan dengan tahapan sebagai berikut: membentuk kelompok SPR (Sentra Peternakan Rakyat) Wulang Reh, rekrut anggota kelompok SPR (Sentra Peternakan Rakyat) Wulang Reh, peningkatan kualitas anggota kelompok SPR (Sentra Peternakan Rakyat) Wulang Reh, pendampingan usaha kelompok SPR (Sentra Peternakan Rakyat) Wulang Reh, membangun mitra pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Abu Suhud.M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Pemberdayaan.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Nov 2019 15:52
Last Modified: 26 Nov 2019 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum