PERAN HAJI SULONG TERHADAP PENDIDIKAN DAN POLITIK DI PATANI (THAILAND SELATAN) TAHUN 1927-1954 M.

MR. MADUENAN WAE-UMA, NIM. 13120118 (2019) PERAN HAJI SULONG TERHADAP PENDIDIKAN DAN POLITIK DI PATANI (THAILAND SELATAN) TAHUN 1927-1954 M. Skripsi thesis, FAKULTAS ADAB DAN BUDAYA.

[img]
Preview
Text (PERAN HAJI SULONG TERHADAP PENDIDIKAN DAN POLITIK DI PATANI (THAILAND SELATAN) TAHUN 1927-1954 M.)
13120118_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN HAJI SULONG TERHADAP PENDIDIKAN DAN POLITIK DI PATANI (THAILAND SELATAN) TAHUN 1927-1954 M.)
13120118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Masyarakat Melayu Patani Thailand Selatan sering terpinggirkan dalam beberapa aspek sosial, politik, budaya, ekonomi dan pendidikan. Di tengah situasi dan kondisi ini, muncullah Haji Sulong yang membangkitkan semangat masyarakat Melayu Patani. Bisa dikatakan bahwa Haji Sulong adalah pelopor pertama gerakan perubahan pendidikan dan politik di Patani. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peranan Haji Sulong dalam wilayah pendidikan dan politik di Patani. Pertanyaan penelitian ini adalah mengenai latar belakang keluarga dan pendidikan Haji Sulong, peran Haji Sulong terhadap pendidikan dan politik di Patani, dan respon masyarakat Melayu Patani dan pemerintah Thailand terhadap peran pendidikan dan politik Haji Sulong. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah, menggunakan pendekatan biografi dan sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peranan sosial yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Peranan sosial adalah salah satu konsep sosiologi yang paling sentral yang didefinisikan dalam pengertian pola-pola atau norma-norma perilaku yang diterapkan dari orang yang menduduki posisi tertentu dalam struktur sosial. Metode yang digunakan adalah metode sejarah yang meliputi empat langkah yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Haji Sulong lahir di Kampung Anak Ru Patani. Ia merupakan anak dari Haji Abdul Kadir dan Syarifah. Haji Sulong menikah pertama kali dengan Syafiah dan kedua dengan Khadijah dikaruniai sepuluh orang anak. Pendidikan awal Haji Sulong dengan ayahnya, kemudian belajar di pondok dan melanjutkan di Makkah. Peran Haji Sulong dalam pendidikan di Patani merombak secara besar-besaran sistem pendidikan pondok di Patani lebih sistemik dan terstruktur lagi termasuk pendirian madrasah baru. Peran Haji Sulong dalam perpolitikan, percaturannya adalah tuntutan tujuh perkara yang berupaya menuntut kesetaraan dan otonomi khusus bagi warga Melayu muslim Patani. Respon masyarakat Patani sendiri terlihat dari perubahan orientasi pendidikan dan respon dalam bidang perpolitikan yakni mereka yang mulai menggunakan pendidikan yang digubah Haji Sulong dan bangkitnya perjuangan kelas mereka untuk bisa mewujudkan Patani sebagai daerah otonomi khusus. Respon lainnya juga terlihat dari munculnya kebangkitan masyarakat Patani yang semakin sadar akan ketertindasan mereka. Kesadaran inilah yang membawa mereka maju membela Haji Sulong juga menjadi cikal bakal terbentuknya GAMPAR sebagai respon dalam perpolitikan Haji Sulong. Pemerintah Thai merespon perjuangan pendidikan Haji Sulong dengan beberapa kali membubarkan madrasah Haji Sulong dan mencampuri kurikulum di sana. Respon pemerintah Thai atas perpolitikan Haji Sulong berbentuk penindasan pada rakyat Patani karena dianggap berupaya melakukan disintegrasi Patani dari Kerajaan Siam, akhirnya penangkapan Haji Sulong hingga terbunuhnya ia bersama anaknya dan rekan-rekan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Maimunah, S. Ag. M. Hum
Uncontrolled Keywords: Haji Sulong, Pendidikan, Politik, Patani, Peran
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Nov 2019 12:45
Last Modified: 27 Nov 2019 12:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum