PERAN TIM ADVOKASI ARUS BAWAH (TAABAH) DALAM PEMENUHAN HAK-HAK PENDIDIKAN ANAK ( STUDI KASUS LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA)

Mukti Adhitama, NIM. 12250023 (2019) PERAN TIM ADVOKASI ARUS BAWAH (TAABAH) DALAM PEMENUHAN HAK-HAK PENDIDIKAN ANAK ( STUDI KASUS LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN TIM ADVOKASI ARUS BAWAH (TAABAH) DALAM PEMENUHAN HAK-HAK PENDIDIKAN ANAK ( STUDI KASUS LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA))
12250023_BAB I, IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN TIM ADVOKASI ARUS BAWAH (TAABAH) DALAM PEMENUHAN HAK-HAK PENDIDIKAN ANAK ( STUDI KASUS LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA))
12250023_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (564kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Organisasi TAABAH dalam pemenuhan hak atas pendidikan anak, melalui sekolah Gajang Wong yang dibangun secara semi permanen dan dengan pengolahan limbah sampah yang dilakukan gotong royong oleh TAABAH dan masyarakat Ledhok Timoho diharapkan sekolah ini dapat memenuhi hak atas pendidikan anak-anak Ledhok Timoho. Terkait dengan hal itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Peran TAABAH dalam Pemenuhan Hak-Hak Anak Ledhok Timoho. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekan pada penelitian lapangan. Pendekatan penelitian deskriptif berkaitan dengan pengumpulan data untuk memberikan gambaran atau penegasan suatu konsep atau gejala untuk menarik kesimpulan digunakan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam upaya pemenuhan hak-hak atas pendidikan anak, Untuk pemenuhan hak anak TAABAH menggunakan tahapan pendekatan fasilitatif, peran edukatif, peran perwakilan. Peran fasilitatif TAABAH yaitu dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan mulai dari mendirikan sekolah Gajah Wong yang dibangun secara gotong royong oleh TAABAH dan masyarakat Ledhok Timoho. Peran edukatif, yaitu memberikan penyadaran kepada orang tua akan pentingnya pendidikan anak, mendorong anak agar dapat bersekolah serta mencegah adanya anak putus sekolah, dan sebagai pengajar dalam kegiatan belajar mengajar sekolah Gajah Wong. Peran perwakilan yaitu, kegiatan advokasi yang dilakukan TAABAH yang salah satu tujuannya adalah dalam upaya pemenuhan hak-hak anak atas pendidikan. Dalam tahapan-tahapan tersebut TAABAH masih mempunyai hambatan dalam pemenuhan hak-hak atas pendidikan anak diantaranya, kurangnya relawan pegajar, keterbatasan sarana dan prasarana seperti atap kelas bocor dan taman bermain yang mulai rusak yang cukup mengganggu aktivitas belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Peran TAABAH, Hak Pendidikan Anak.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Dec 2019 10:38
Last Modified: 03 Dec 2019 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36759

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum