KOMODIFIKASI DAKWAH PADA DESAIN DI AKUN INSTAGRAM @THAMIMCHLOTES

NURKOMALA HAYATI, NIM. 15210006 (2019) KOMODIFIKASI DAKWAH PADA DESAIN DI AKUN INSTAGRAM @THAMIMCHLOTES. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI DAKWAH PADA DESAIN DI AKUN INSTAGRAM @THAMIMCHLOTES)
15210006_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI DAKWAH PADA DESAIN DI AKUN INSTAGRAM @THAMIMCHLOTES)
15210006_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Perkembangan dakwah Islam salah satunya diterapkan sebagai objek desain yang ditawarkan melalui media sosial sehingga mendatangkan keutungan. Thamim clothes menjadi salah satu brand yang memakai dakwah sebagai objek dari desain pada kaus yang dipasarkan di Instagram. Penelitian ini dilatar belakangi oleh unsur-unsur dakwah pada desain di akun Instagram @thamimclothes untuk menarik minat para konsumen. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana bentuk komodifikasi dakwah pada desain @thamimclothes. Selain melihat indikator komodifikasi dakwahnya, penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan desain dakwah dilakukan @thamimclothes? Penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang termasuk jenis penelitian analisis isi. Anasilis isi yang digunakan adalah Semiotika menurut Charles Sanders Peirce. Desain dan pendapat pihak brand Thamim Clothes menjadi data utama. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari akun Instagram @thamimclothes dan wawancara dari pihak brand Thamim Clothes. Setelah dilakukan analisis, dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini yang menunjukkan adanya komodifikasi dakwah pada desain di akun Instagram @thamimclothes. Hasilnya diketahui dari adanya unsur-unsur pesan dakwah pada desain yang merupakan desain kaus mereka. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara terhadap pemilik brand Thamim Clothes, mengatakan bahwa gagasan dakwah sebagai desain itu diambil dari ayat suci Al Quran, hadis Nabi, dan pendapat para ulama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. AKHMAD RIFAI M. Phil
Uncontrolled Keywords: komodifikasi, Pesan dakwah
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:11
Last Modified: 03 Dec 2019 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum